Resep

Cara Membuat Bubur Sagu dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Cara membuat bubur sagu dalam bentuk lempeng sagu kering perlu terlebih dulu direndam selama semalaman. Namun, cara ini dapat disiasati dengan cara lain yang lebih praktis dan cepat. Pertama-tama, rendam lempengan sagu kering didalam air dingin hingga 30 menit sampai agak lunak. Setelah itu, buang air rendaman tersebut lalu remas-remas menggunakan tangan sampai agak hancur lalu blender hingga benar-benar halus. Nah, jika sudah demikian maka sagu mentah telah siap untuk dimasak.

Bahan-Bahan

Pixabay.com

150 gr lempengan sagu kering

Air dingin secukupnya, dipakai untuk merendam sagu

2 buah daun pandan, ikat atau iris

200 gr gula pasir

100 gr gula merah, disisir

750 ml air dingin, sebagai bahan untuk bubur

Garam secukupnya

Bahan Saus Santan

400 ml santan yang kental

1 lembar daun pandan, diikat

½ sdt garam

Cara Membuat Bubur Sagu

  1. Letakkan sagu lempeng ke dalam wadah besar, kemudian siram menggunakan air dingin sampai semua terendam. Biarkan hingga 30 menit.
  2. Buang air dari hasil rendaman tadi lalu remas-remas sampai agak hancur menjadi berbutir-butir.
  3. Masukkan bahan tadi ke dalam blender lalu tambahkan secukupnya air dingin dan ambil terlebih dahulu 750 ml air untuk digunakan sebagai bahan bubur. Kemudian blender sampai halus.
  4. Masukkan sagu yang telah halus tadi ke dalam panci, kemudian tambahkan sisa airnya, daun pandan, sedikit garam serta gula merah yang telah disisir.
  5. Masak menggunakan api sedang agar bubur perlahan bubur matang secara sempurna.
  6. Hindari memasak dengan menggunakan api yang besar karena bubur nantinya bisa cepat mengental meski belum matang dengan sempurna. Hal ini membuat bubur berbau dan berasa tepung.
  7. Saat bubur telah mulai mengental, masukkan ke dalamnya gula pasir sambil terus diaduk agar tidak gosong.
  8. Aduk terus sampai bubur matang dengan sempurna yang ditandai dengan meletup-letup.
  9. Koreksi rasa, tambahkan garam atau gula jika belum pas rasanya. Sesuaikan dengan selera.
  10. Angkat bubur yang sagu yang telah matang tadi.
  11. Sajikan dengan menuangkan bubur sagu ke dalam mangkuk lalu siram dengan saus atau kuah santannya. Nikmati selagi masih panas agar lebih nikmat.

Cara memasak bubur sagu diatas dapat anda jadikan sebagai upaya jika sewaktu-waktu anda ingin memasak bubur sagu sendiri. Bila anda tidak menyukai hal yang ribet maka kini telah banyak tersedia kemasan bubur praktis dalam berbagai varian rasa dan bahan. Bubur organik juga bisa didapatkan dengan mudah sehingga kemudahan ini bisa anda manfaatkan terutama saat mendesak.

Meskipun bubur dari bahan sagu bukan jenis makanan yang memiliki kalori rendah, serat yang baik maupun sumber protein tetapi kandungan lemak jenuhnya sangat sedikit. Dengan demikian keseluruhan nutrisi yang ada dalam makanan dengan bahan sagu seperti bubur sagu ini masih tergolong lengkap sehingga bermanfaat baik untuk kesehatan.

Manfaat Bubur Sagu Bagi Kesehatan

Pixabay.com

Inilah sejumlah manfaat sagu bagi kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Memperlancar sistem pencernaan

Bubur sagu membantu menjaga kelancaran sistem pencernaan serta membantu memperbaiki sistem pencernaan secara keseluruhan. Sejak dulu, memang sagu digunakan untuk membantu memulihkan dan menyembuhkan beragam penyakit yang ada kaitannya dengan pencernaan seperti sembelit, kembung, maag, asam lambung serta jenis gangguan pencernaan yang lain.

 

  1. Sebagai sumber energi

Tubuh membutuhkan energi yang cukup banyak untuk kegiatan rileksasi setelah melakukan olahraga berat maupun untuk aktivitas sehari-hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang berbahan sagu seperti bubur sagu maka energi yang hilang dapat segera terganti sehingga pemulihan otot dan pergerakan sendi menjadi lancar.

 

  1. Meningkatkan kesehatan sendi dan tulang

Kandungan zat besi, mineral dan kalsiumnya membantu memperbaiki dan menyehatkan sendi dan tulang. Disamping itu, bubur sagu dapat meningkatkan produksi glukosamin yang berpengaruh terhadap flkesibilitas, gerakan sendi dan kepadatan tulang.

 

  1. Menstabilkan suhu tubuh dalam keadaan dingin

Mengkonsumsi sagu dapat membantu untuk meredakan panas yang disebabkan oleh demam. Supaya upaya penurunan panas berlangsung secara efektif maka mengkonsumsi sagu dapat menjadi alternatifnya. Sagu mempunyai efek menstabilkan tubuh dalam suhu dingin sekaligus menenangkan dengan cara mengendalikan kelebihan dari produksi empedu.

 

  1. Menaikkan berat badan bagi penderita malnutrisi

Mengkonsumsi bubur sagu secara rutin mampu membantu menaikkan berat badan khususnya bagi para penderita malnutrisi. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuatnya menjadi jenis makanan yang tepat dijadikan sebagai jalan keluar atas masalah ini. Disamping itu, pemulihan paska cidera juga dapat oleh bubur sagu ini.

Beberapa manfaat baik bubur sagu bagi kesehatan seperti yang telah diulas diatas tampaknya memberikan banyak sekali wawasan akan pentingnya kegunaan dari bubur sagu ini. Baik membuatnya sendiri maupun membelinya sama-sama memberikan kemudahan bagi anda.

Jika dengan membuatnya maka keahlian anda akan bertambah sehingga anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membelinya, sedangkan jika anda memilih untuk membelinya maka memang anda akan sedikit mengeluarkan biaya namun anda bisa mendapatkannya dengan cepat karena praktis mengingat dalam proses pembuatannya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar.