Apakah Vaksin Penyebab Autis Pada Bayi

Pixabay.com

Apakah para orang tua tau apa itu autis atau autisme?

Adalah gangguan pada saraf yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan kemampuan pada anak dalam berinteraksi, berkomunikasi dan berperilaku.

Hal ini menjadi kekhawatiran sebagai orang tua akan hal itu. Dan tentunya sering muncul pertanyaan mengenai apakah vaksin bisa menyebabkan anak terkena autisme. Mengingat penyebabnya belum secara pasti diketahui dan belum di temukan fakta yang terbukti benar.

Gali informasi secara pasti

Dari sumber berbagai informasi mengenai vaksin untuk anak terdapat bahan pengawet(thimerosal) yang menyebabkan autisme pada anak. Namun secara penelitian yang dilakukan secara ilmiah belum terbukti vaksin adalah penyebab anak terkena autisme.

Ini karena kita para orang tua kurang menggali informasi yang terbukti kebenarannya, sehingga mudah terombang-ambing oleh pemberitaan media yang kurang dapat dipertanggungjawabkan. Dari sebuah penelitian di Inggris dan di berbagai institusi di Negara lainnya, tidak ada kaitannya bahan(thimerosal)dengan autisme.

Fakta dan data

  • Tidak ditemukan bukti yang menyatakan vaksin adalah penyebab autisme

  • Tidak adanya efek samping vaksin dengan kandungan DPT yang diberikan kepada anak dengan yang mengandung(thimerosal)

  • Tidak ada hubungannya vaksin, thimerosal, dan autisme

  • Tidak ditemukan bukti vaksinasi dengan gangguan autisme dan juga autisme jenis yang lain.

Dari sebuah studi di Amerika yang diterbitkan oleh American Academy Of Pediatrics, mengatakan paparan etil merkuri pada vaksin yang mengandung thimerosal dan preparat imunoglobulin pada bayi tidak terkait dengan Autisme Spectrum Disorder.

Hasilnya setelah kandungan thimerosal pada vaksin dihilangkan, kasus autisme tidaklah turun. Semakin jelas jika dari hasil penelitian diatas tidak ada hubungannya antara vaksin, thimerosal dan autisme.

Bertanya langsung kepada dokter

Jika para orang tua masih belum mengetahui secara pasti dan masih membutuhkan informasi yang akurat dan tepat, sebaiknya tanyakan langsung kepada dokter spesialis yang lebih mengetahuinya. Sebab dengan begitu para orang tua akan memperoleh informasi yang bisa dijadikan rujukan.

Jelas sudah mengenai penyebab autis pada anak bukan karena vaksin, jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk para orang tua agar memberikan vaksin pada anak. Dengan memberikan vaksin akan dapat mencegah anak terkena berbagai macam penyakit.