Bumil Wajib Tahu, Berikut Cara Menjaga Kehamilan Kembar Secara Tepat

Kehamilan bayi kembar merupakan anugrah yang sangat istimewa. Sayangnya, kehamilan bayi kembar sering dikatakan memiliki risiko yang tinggi. Ada banyak permasalahan yang bisa saja muncul saat mengandung bayi kembar. Namun, sebagai orang tua anda tak perlu khawatir. Ada beberapa cara menjaga kehamilan kembar yang bisa diterapkan, berikut ulasannya.

Menjaga Kesehatan Saat Hamil Kembar

  1. Cukupi Kebutuhan Kalori Dan Nutrisi

Ketika mengandung dua janin sekaligus, anda membutuhkan asupan nutrisi dan kalori dalam jumlah banyak. Kebutuhan kalori harian yang disarankan untuk ibu hamil bayi kembar ialah 2700 hingga 3000 kalori per hari. Selain itu, anda juga diwajibkan untuk mengonsumsi air putih dengan cukup. Hal tersebut dilakukan agar anda dan sang janin tetap terhidrasi.

Selain itu, ada beberapa kebutuhan nutrisi yang perlu dikonsumsi selama mengandung bayi kembar. Beberapa nutrisi tersebut mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, karbohidrat kompleks, vitamin B, C, E, D, asam folat, zat besi, lemak sehat, dan magnesium. Guna mencukupi kebutuhan tersebut, anda bisa konsumsi vitamin prenatal sesual anjuran dokter.

  1. Istirahat Yang Cukup

Selama masa kehamilan, anda tidak disarankan untuk melakukan aktivitas berat seperti biasanya. Anda juga disarankan untuk lebih banyak beristirahat agar badan tetap vit dan tidak kelelahan. Tidur secara rutin selama 8 jam perhari akan membuat badan terasa lebih bugar. Menurut pakar kesehatan, anda juga diharuskan berolahraga ringan secara rutin.

  1. Jaga Berat Badan

Ketika mengandung janin kembar, berat badan anda akan semakin bertambah dengan signifikan. Namun hal tersebut tidak boleh dijadikan sebagai alasan untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Jika anda berpikir bahwa makan berlebihan karena mengandung dua nyawa, hal tersebut salah kaprah dan sangat tidak dibenarkan.

Penting untuk menjaga berat badan ideal sebagai cara menjaga kehamilan kembar. Jangan samjpai berat badan anda mengalami kekurangan atau kelebihan agar janin tetap sehat. Sebagai tambahan informasi untuk anda, berat badan ideal ketika mengandung janin kembar ialah 17 hingga 25 kg yang ditambahkan dengan berat badan ideal sang ibu sekitar 50 – 60 kg.

  1. Kurangi Stres

Sebenarnya, stres merupakan kondisi buruk yang dapat mempengaruhi kesehatan semua orang. Namun ketika mengandung bayi kembar, stres bisa menjadi kondisi yang sangat membahayakan janin dan sang ibu. Akibat stres, sistem kekebalan ibu akan mulai melemah dan rentan terserang penyakit. Oleh karena itu, berusahalah untuk tetap tenang di segala situasi.

Bagi setiap orang tua, memiliki bayi kembar merupakan anugrah yang sangat istimewa. Anugrah tersebut akan semakin membahagiakan tatkala kondisi kedua janin dan sang ibu sehat. Oleh sebab itu, terapkan beberapa cara yang sudah dijelaskan dalam ulasan tersebut. Jangan lupa pulaa untuk selalu memeriksakan kandungan secara rutin.