Burung Hantu Terbesar

 

Burung hantu yang ada di dunia memiliki ciri yang berbeda-beda termasuk dalam ukuran tubuhnya. Ada burung hantu yang tubuhnya berukuran kecil dan ada pula yang ukuran tubuhnya sangat besar. Salah satu spesies burung hantu terbesar yang dapat ditemukan di dunia adalah burung hantu kelabu besar atau great gray owl. Burung hantu ini memiliki beberapa ciri unik sebagai berikut:

  1. Tinggal di belahan bumi utara

Burung hantu kelabu besar yang bernama latin Strix nebulosa ini dapat ditemukan di belahan bumi bagian utara seperti Amerika Serikat bagian utara hingga Alaska dan Kanada. Burung hantu kelabu besar juga tinggal di seluruh Rusia, Mongolia, dan China Utara. Selain itu, burung hantu ini juga tinggal di Eropa Timur Laut.

Burung hantu ini biasa hidup di hutan lebat dengan pohon pinus atau cemara, di hutan campuran atau di hutan ek. Dengan kemampuan kamuflasenya, burung hantu bisa menghindar dari predator pemangsa lain.

  1. Spesies burung hantu terpanjang

Burung hantu ini memiliki tubuh yang cukup besar karena dapat tumbuh hingga 60 sampai 86 cm. Lebar sayap burung hantu ini mencapai satu setengah meter, membuat burung hantu kelabu besar menjadi spesies burung hantu terpanjang di dunia.

  1. Tidak memiliki jumbai telinga

Salah satu ciri khas dari burung hantu ini dapat diihat dari jumbai telinga. Tidak seperti burung hantu dari jenis screech owl dan burung hantu bertanduk besar, burung hantu kelabu besar justru tidak memiliki jumbai telinga.

  1. Tidak terlalu berat

Walaupun ukuran tubuhnya besar dapat mencapai 80 cm, namun berat burung hantu kelabu besar justru tidak terlalu berat sesuai dengan ukurannya. Dibandingkan dengan berat burung hantu ikan dan burung hantu elang, burung hantu kelabu besar justru lebih ringan. Berat maksimal burung hantu ini umumnya hanya mencapai 1,7 kg.

  1. Cakram wajah

Burung hantu ini memiliki bentuk wajah yang bulat. Bentuk wajah yang bulat ditambah cakram wajahnya yang unik dengan bulu pipih di wajahnya membantu memperkuat pendengaran burung hantu kelabu besar.