Cara Instagram Dark Mode Dengan Mudah

Saat ini dark mode atau mode gelap sedang menjadi salah satu topik yang sedang hangat dibicarakan, yang belum mengetahui dark mode, dark mode merupakan sebuah fitur yang ada dalam sebuah ponsel dimana layar belakang ponsel diganti menjadi berwarna gelap. Fitur yang satu ini saat ini hanya tersedia di iOS dan android 10 saja, lalu apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari dark mode ini? Dan bagaimana Cara Instagram Dark Mode diaktifkan di smartphone?

Kelebihan Instagram Dark Mode

Jika kita menggunakan fitur dark mode yang ada dalam ponsel kita, ada beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa kita dapatkan diantaranya adalah

  1. Daya baterai yang digunakan semakin hemat, sehingga bila kita mengaktifkan dark mode maka daya tahan baterai dari ponsel kita tidak akan cepat habis. Fitur ini sekarang hanya bisa digunakan oleh layar OLED.

  2. Selain menghemat daya baterai ada juga kelebihan di bidang kesehatan dimana ketika kita mengaktifkan dark mode maka mata kita ketika kita menggunakan ponsel menjadi tidak cepat lelah dan terasa nyaman.

  3. Tentu kita pernah menggunakan ponsel dibawah gangguan sinar matahari, dimana ketika kita menggunakan mode yang biasa maka tulisan atau gambar menjadi hilang, namun ketika kita mengaktifkan dark mode maka gangguan dari sinar matahari tidak menjadi masalah karena dengan mengaktifkan dark mode tulisan tetap bisa kita baca dengan jelas.

Kekurangan Instagram Dark Mode

Selain dari kelebihan yang dimiliki oleh fitur dark mode, tentu saja ada kekurangan yang didalam penggunaan dark mode, berikut ini kekurangan dari menggunakan dark mode.

  1. Ketidakjelasan dalam membaca sebuah konten dengan tulisan yang banyak dan rapat, dimana pada saat dak mode hanya latar belakang yang berwarna hitam, namun ketika kita membaca sebuah artikel yang memiliki tulisan yang banyak maka dominasi warna hitam akan memudar digantikan warna putih dari warna tulisan yang banyak tersebut, sehingga kita sulit untuk membacanya.

  2. Ketika kita mengaktifkan dark mode dan tiba-tiba ada cahaya terang yang langsung menyinari ponsel kita maka gambar yang berada di dalam ponsel akan menjadi kabur dan menjadi tidak jelas untuk dilihat.

Saat ini ada beberapa aplikasi platform media sosial yang sudah bisa mengaktifkan fitur dark mode, salah satunya adalah social media Instagram, dimana fitur dark mode ini ditambahkan pada tahun 2019 dimana ponsel dengan android 10 dan iOs sudah mendukung adanya fitur dark mode, lalu bagaimana kita bisa mengaktifkan fitur dark mode Instagram di ponsel kita, berikut ini langkah-langkah untuk Cara Instagram Dark Mode diaktifkan di smartphone android dan iOs.

Cara Instagram Dark Mode Diaktifkan di Smartphone IOS

  1. Sebelum kita membuka aplikasi Instagram kita harus melakukan setting pada ponsel kita, pergi ke menu setting

  2. Kemudian pilih menu display & brightness

  3. Lalu kamu di dalam menu tersebut akan bisa menjumpai mode dark mode

  4. Setelah kalian mengaktifkan fitur dark mode di ponsel, maka layar belakang ponsel akan menjadi gelap

  5. Selanjutnya update terlebih dahulu aplikasi Instagram kalian ke update yang terbaru

  6. Kemudian buka aplikasi Instagram kalian

  7. Maka ketika kalian membuka aplikasi Instagram, layar belakang dari aplikasi menjadi gelap

  8. Untuk mengembalikan ke mode normal kalian bisa langsung menuju menu setting dan menonaktifkan fitur dark mode ponsel kalian.

Untuk kalian yang ingin mengaktifkan fitur dark mode di ponsel iOs pastikan iOs kalian sudah memenuhi persyaratan yaitu sudah iOs 13 terlebih dahulu, karena iOs 13 ini sudah mendukung fitur dark mode pada aplikasi yang terinstall.

Cara Instagram Dark Mode Diaktifkan di Smartphone Android

Sedangkan untuk Cara Instagram Dark Mode diaktifkan di smartphone android adalah sebagai berikut ini :

  1. Ketika kalian ingin mengaktifkan mode gelap di ponsel android, kalian harus melakukan setting terlebih dahulu pada ponsel kalian terlebih dahulu, masuk ke menu setting kemudian ke menu display setting

  2. Di dalam menu display tersebut cari dan aktifkan menu dark mode

  3. Setelah dark mode diaktifkan maka seketika itu layar belakang ponsel menjadi gelap

  4. Ketika dark mode ponsel sudah aktif, untuk mengaktifkan aplikasi Instagram dalam dark mode update terlebih dahulu aplikasi Instagram kalian ke update yang terbaru

  5. Setelah selesai mengupdate aplikasi Instagram kalian tinggal buka aplikasi Instagram kalian dan seketika itu aplikasi Instagram sudah berada dalam dark mode.

  6. Jika kalian ingin mengembalikan mode ke normal, kalian tinggal mematikan mode gelap yang berada di menu setting pada tab display menu seperti kita akan mengaktifkan dark mode.

Syarat yang harus dilakukan ketika kalian ingin menggunakan dark mode di ponsel android adalah versi android kalian harus sudah android 10, dimana ponsel android 10 ini sudah bisa mengaktifkan dark mode pada beberapa aplikasi.

Cara yang cukup simple dan mudah untuk bisa mengaktifkan dark mode, namun dari semua langkah syarat utama yang harus dipenuhi adalah versi dari iOs dan android harus memenuhi dimana syaratnya adalah iOs 13 dan android versi 10. Itulah beberapa langkah untuk bisa mengaktifkan fitur dark mode pada aplikasi Instagram yang kami dapatkan informasinya dari nesabamedia.com.