Resiko Kerusakan Komputer Yang Terjadi Jika Cara Mematikan Komputer Salah

Pixabay.com

Di zaman milenials ini komputer menjadi kebutuhan yang tak terelakan lagi baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan serta bidang-bidang lainya. Alat elektronik yang satu ini biasanya digunakan untuk mengola data dan mencari informasi serta masih banyak lagi fungsi lainnya. Ada berbagai macam jenis komputer yang ditawarkan di pasaran mulai dari komputer biasa sampai komputer yang dikhususkan untuk para gamers. Harga komputer juga bervariasi sesuai spesifikasi yang ditawarkan, semakin tinggi spesifikasinya maka akan semakin tinggi pula harganya.

Harga komputer yang mahal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan kita dalam penggunaannya jangan sampai salah dalam mengoprasikan komputer jika ingin komputer tetap awet. Kesalahan dalam mengoprasikan komputer terkadang datang dari hal hal-hal kecil yang kita anggap remeh, salah satunya adalah cara mematikan komputer. Cara mematikan komputer yang salah seperti tidak menggunakan shut down dan hanya menekan power dapat mengakibatkan komputer menjadi cepat rusak dan tidak tahan lama.

Jika komputer dimatikan dengan cara yang salah tanpa menggunkan shut down atau dengan cara tiba-tiba ini berdampak pada komponen komputer tersebut. Komponen komputer sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu komponen lunak atau softwer dan komponen keras atau hardwer yang terikat dalam sistem terpadu. Kedua komponen ini berjalan karena adanya daya listrik yang tersistem dan juga stabil. Komponen keras pada komputer yang berhubungan langsung dengan litrik akan terganggu. Adapun resiko lainnya yang akan terjadi adalah sebagai berikut:

Kerusakan pada RAM

Saat kita mematikan komputer dengan cara yang tepat maka RAM akan menjadi kosong dan bersih dan ketika dihidupkan kembali RAM performanya masih segar dan dapat digunakan dengan nyaman. Namun sebaliknya jika komputer dimatikan dengan cara yang tidak tepat seperti hanya memcet tobol power atau tidak menggunakan shut down maka RAM akan berada dalam kedaan dipenuhi cache atau dalam keadaan kotor. Hal ini jika terjadi secara berulang-ulang akan menyebabkan kerusakan pada RAM komputer.

Kerusakan pada prosessor

Prosessor memiliki peran yang begitu penting bagi komputer, prosessor ibaratkan otak dari seperangkat komputer yang berfungsi untuk megolah data. Ketika komputer dimatikan dengan cara yang salah atau tiba-tiba akan berdampak pada proses pendinginan prosessor. Proses pendingingan pada prosessor menjadi tidak berjalan sempurna. Hal ini dapat mengakibatkan rusaknya prossesor.

Kerusakan pada harddisk

Bad sector dapat terjadi apabila kita mematikan komputer dengan cara yang tidak benar. Saat komputer dalam posisi menyala piringan harddisk akan berputar kencang apabila dimatikan secara tiba-tiba maka putaran piringan harddisk juga kan terhenti secara mendadak hal ini lah yang mengakibatkan terjadinya bad sector yang berujung pada kerusakan.

Menyebabkan kerusakan pada power supply

Kegunaan power supply sediri pada komputeryaitu sebagai penyalur daya listrik pada hardwer yang terdapat pada komputer. Jika kita mematikan komputer menggunkan shut down, hal ini akan memberikan perintah pada BIOS untuk melakukan penghentian pada segala hardwer yang sedang bekerja termasuk juga power supply. Namun hal yang sebaliknya terjadi jika kita tidak mematikan komputer dengan cara yang tepat akan mengakibatkan aliran arus listrik menjadi terputus mendadak sehingga mengakibatkan kerusakan pada power supply.

Agar dapat terhindar dari beberapa resiko kerusakan pda perangkat komputer akibat cara yang digunakan dalam mematikan komputer salah seperti mematikan komputer dengan terburu-buru hanya menekan tombol power, langsung memutuskan sambungan listrik komputer serta tidak menggunakan shut down. Berikut ini beberapa cara mematikan komputer yang benar.

Cara mematikan komputer Windows 7

Cara yang digunakan untuk mematikan komputer yang benar menggunakan sistem operasi windows 7 tidak jauh berbeda dengan komputer lainya, yaitu menggunakan shut down. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan.

  • Klik start yan terletak pada pojok kiri bawah layar dekstop komputer.

  • Setelah jendela menunya muncul kemudian klik pilihan sebelah kanan yang tulisannya shut down tentunya.

  • Jangan klik berkali-kali klik satu kali saja dan tunggu hingga prosesnya selesai dan komputer mati total.

  • Cara mematikan komputer Windows 8

Widows 8 memiliki tampilan yang sangat berbeda dengan windows 7. Letak menu shut down keduanya juga berbeda ketika baru pertama kali mencoba menggunakan Windows 8 kita akan sedikit kagok. Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan komputer yang memakai windows 8.

  • Gerakan kursor kesisi sebelah kanan dekstop agar menu settingnya muncul.

  • Setelah menu setting muncul, lihatlah pada bagian bawahnya terdapat icon shut down yang bertuliskan power.

  • Klik menu icon tersebut lalu akan muncul tiga buah opsi, pilihalah opsi shut down.

  • Cara mematikan komputer Windows 10

Windows yang satu ini juga berebda letak shut downnya, oleh karena itu jika prtama kali menggunkan komputer dengan windows 10 kita akan merasa kaku dan sedikit kebingungan untuk mencari letak shut downnya dimana. Namun windows 10 tidak beda jauh dengan windows 7. Berikut ini cara mematikan komputer dengan windows 10.

  • Arahkan kursor pada bagian pojok kiri bawah dekstop komputer kemudian klik menu windows 10.

  • Lalu jendela seperti pada windows 7 akan muncul.

  • Selanjutnya klik icon shut down dengan tulisan power.

  • Step terakhir yaitu klik opsi shut down.

Itulah tadi beberapa resiko kerusakan yang akan terjadi pada perangkat komputer jika tidak mematikan komputer dengn cara yang benar serta cara mematikan komputer yang benar. Jika Anda membutuhkan informasi mengenai penggunaan komputer, Anda dapat mengakses http://wasiswa.com.