Yuk Intip 7 Cara Membeli Kamera Action Supaya Tidak Salah Pilih

Pixabay.com

Action camera sering digunakan untuk mendapat sensasi nyata, dari gambar yang dihasilkan. Jenis kamera seperti ini biasanya digunakan untuk merekam aktivitas olahraga, atau lanskap saat bekendara. Beberapa produsen kamera aksi menampilkan keunggulan seperti kualitas gambar 4K, hingga fitur penahan guncangan. Namun anda perlu tahu cara membeli kamera action, sesuai dengan kebutuhan pribadi dan trend di dalam pasaran.

Pertimbangkan Beberapa Hal Sebelum Beli Action Cam

  1. Kenali Fungsi Kamera

Action camera memiliki ukuran yang kecil dengan bobot cukup ringan, dan bisa dibawa kemanapun. Meskipun begitu Ia mampung menghasilkan foto dan video yang berkualitas tinggi. Disamping itu action camera mempunyai angle yang bisa menangkap gambar secara luas, dan mengambil objek dengan baik. Bagian luar kamera dilapisi dengan casing yang sangat kuat, sehingga Ia tidak mudah rusak meski sering terbentur atau terkena air.

Action camera umumnya dilengkapi dengan fitur dudukan, yang membuatnya bisa ditempatkan di berbagai objek. Ia mempunyai banyak kelebihan terutama untuk merekam aktivitas, yang tidak bisa memegang kamera. Bagian-bagian kamera cukup sederhana hanya dibekali dengan tiga tombol yaitu power, record, dan pengaturan. Dilengkapi dengan display LCD yang kecil untuk menunjukkan informasi, dan mengakses pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Pilih Kualitas Kamera

Cara membeli kamera action ialah menyesuaikan resolusi dengan budget yang tersedia. Resolusi dari action camera yang menjamur ialah 4K, yang memberikan kualitas full HD terbaik. Tidak hanya memotret ternyata anda bisa mengedit gambar atau video, tanpa khawatir ada penurunan kualitas gambar. Namun perlu anda tahu bahwa saat kualitas gambar meningkat, maka jumlah foto yang diambil akan menurun setiap detik.

Pada saat membeli pastikan untuk memeriksa frame rate, agar bisa mengabadikan momen dengan leluasa. Frame rate disini bertujuan untuk mengukur jumlah frame, yang bisa ditangkap kamera setiap detik. High frame rate akan membantu anda untuk menghasilkan gambar yang halus, meskipun gerakan yang ditangkap berlangsung intens. Anda disarankan membeli produk dengan frame rate sekitar 120 fps sampai 240 fps, khusus untuk pengambilan gambar olahraga.

  1. Ketahui Tentang Field of View

Dalam pengambilan foto anda perlu mengukur sudut pandang, sebagai indicator sejauh mana lanskap dapat diambil. Mata manusia mampu menangkap sekitar 180-200 derajat jika kamera mengaplikasikannya, maka hasil yang ditampilkan semakin mirip dengan yang dilihat mata. Maka dari itu umumnya action camera memiliki sudut pandang sekitar 130 sampai 150 derajat. Artinya kamera dapat mengambil gambar sebaik mata memotret objek yang diekspektasikan.

Anda perlu menelaah cara membeli kamera action yang mempunyai fixed wide-angles. Dengan panjang fokal antara 17 mm hingga 20 mm, biasanya mampu menghasilkan field of view hingga 170 derajat. Luasnya angle pada action camera dapat menciptkan fisheye effect untuk setiap foto dan video yang dihasilkan. Namun tidak semua konsumen menyukainya sehingga produsen menyediakan aplikasi khusus, ketika melakukan proses editing untuk menghapus efeknya.

  1. Kenali Daya Kuat Kamera

Pada umumnya action camera digunakan untuk kebutuhan outdoor, karena modelnya lebih kecil dan fleksibel. Beberapa kamera dibekali dengan casing tambahan supaya mampu digunakan di kedalaman air. Bahkan salah satu produsen merilis produk action camera yang bisa dipakai untuk aktivitas menyelam, hingga kedalaman sekitar 40 meter. Namun belakangan ini mulai beredar action camera yang bisa tahan di kedalaman, tanpa perlu tambahan casing.

Cara membeli kamera action akan memberi anda pilihan produk, yang memiliki fitur peredam getaran. Ada dua jenis fitur image stabilizer yang tersedia, yaitu jenis optical dan electronic. Apabila anda memprioritaskan kualitas gambar maka disarankan, untuk memilih optical stabilizer. Ia memiliki kelebihan untuk menangkap gambar tanpa harus melalui proses editing. Sedangkan electtonic stabilizer digunakan jika anda membutuhkan alat yang compact, dengan desain yang lebih ringkas.

  1. Perhitungkan Daya Tahan Baterai

Sebagai action camera anda pasti membutuhkannya dalam jangka waktu lama bukan? Maka saat memilih kamera cobalah untuk mempertimbangkan, kapasitas daya beterai. Action camera terbaru sudah melengkapi kapasitas baterai sekitar 1.220 mAh. Tentunya teknologi ini membantu anda untuk pengambilan gambar, dengan durasi yang cukup lama. Sehingga anda bisa mengambil jumlah foto atau video yang cukup banyak.

Anda bisa menerapkan cara membeli kamera action, dengan memilah fitur super fast charging. Hal ini akan menguntungkan saat anda merekam suatu event, atau konten travelling dengan mengendarai sepeda motor. Jika perlu siapkan baterai cadangan untuk berajaga-jaga, apabila baterai mendadak habis di tengah jalan. Atau lebih baiknya gunakan fitur isi ulang dengan memanfaatkan baterai ponsel, solusi alternatif di kondisi darurat.

  1. Periksa Fitur Pendukung

Biasanya canon camera manual memmilik action camera dengan fitur terpenting, yaitu waterproof dan dustproof. Kedua fitur berperan untuk aktivitas di luar ruangan seperti menyelam atau motorcross. Biasanya kamera dilengkapi dengan pelindung yang digunakan untuk medan yang penuh debu, khusus untuk fitur dustproof. Beberapa jenis kamera didesain agar air dan debu tidak masuk ke dalam interior, sehingga tidak akan merusak fungsi kamera.

Jangan lupakan cara membeli kamera action yang sudah dibekali dengan fitur WiFi. Fitur tersebut akan memudahkan anda untuk transfer foto dan video. Selain itu anda bisa melakukan kontrol kamera melalui smartphone Android atau iOS. Perhatikan pula kartu memori yang digunakan oleh kamera, disarankan untuk memilih  write speed yang tinggi. Karena akan mempengaruhi kualitas video yang memiliki kualitas tinggi.

  1. Sesuaikan Budget

Action kamera jelas bukan barang yang murah, tetapi cukup untuk mendokumentasikan beragam momen. Sebelum membelinya pikirkan terlebih dahulu apakah ini sesuai dengan kebutuhan, atau memenuhi gaya hidup. Jika membelinya hanya untuk kepuasan pribadi cukup beli dengan harga yang standar. Ada baiknya menyesuaikan harga action camera dengan budget yang tersedia.

Action camera sering digunakan oleh para traveller, untuk merekam agenda liburan mereka. Karena ukurannya yang kecil dengan bobot yang ringan, sehingga mudah diselipkan ke dalam tas. Membeli action camera sebenarnya bukan keputusa mudah mengingat harganya cukup mahal. Namun anda akan mendapat kepuasan hasil gambar yang lebih tajam dan jelas. Meskipun ukurannya mini tetapi kamera sudah dilengkapi dengan fitur-fitur modern.