Cara Membuat AC Sendiri Dari Toples

 

Tinggal di daerah yang beriklim tropis menjadikan kita untuk terbiasa menghadapi cuaca panas. Sudah pasti kegerahan akan dialami kita setiap hari, sampai musim penghujan tiba. Salah satu yang harus kita lakukan adalah selalu menjaga agar kulit tetap lembab dan tidak kekurangan cairan tubuh.

Bagi sebagian orang, cuaca seperti ini cukup mengganggu. Mereka lebih senang menghabiskan waktunya di ruangan yang ber AC. Alasan lain adalah takut terkena sinar matahari yang bisa menjadikan kulit tubuh menjadi lebih gelap.

Penggunaan AC terutama disaat cuaca sedang panas memang sangat membantu. Akan tetapi mungkin bagi orang yang tidak cukup uang untuk membeli AC tentulah mempunyai AC hanya menjadi impian belaka. Disamping karena harganya yang lumayan mahal, biaya listrik yang dikeluarkan tiap bulan jika memasang AC tidak sedikit.

Solusinya adalah dengan membuat AC sendiri di rumah. Pembuatan AC ini juga tidak memerlukan bahan yang mahal. Kita cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Hal ini bisa menghemat biaya dibandingkan dengan membeli AC pabrikan.

Kualitas yang dihasilkan dari membuat AC sendiri dirumah memang tidak sebagus dan secanggih AC keluaran pabrik. Akan tetapi AC yang kita buat cukup menjadikan udara didalam ruangan turun beberapa derajat menjadi sejuk dan terasa cukup nyaman.

Apalagi kita tinggal di kota besar di Indonesia yang terkenal dengan cuaca panasnya. Keberadaan AC buatan sendiri cukup membantu. Karena udara yang dihasilkan tidak segerah jika dibandingkan dengan tidak menggunakan AC.

Berikut ini akan kita ulas cara pembuatan AC sendiri. Kita hanya memanfaatkan barang yang ada di rumah yaitu toples. Usahakan toples yang digunakan berbentuk tabung. Toples ini biasanya adalah bekas dari kue kering. Yuk kita simak langkah pembuatannya.

Cara membuat AC dari bahan toples

Bahan untuk membuat AC sendiri :

-          Toples plastik berbentuk tabung bekas

-          Satu botol air mineral

-          Tutup botol bekas air mineral

-          Dinamo

-          Isi pulpen

-          Es batu

-          Switch on off

-          Bekas botol sampo

-          Baterai 9V

Alat yang digunakan : Gunting, pisau, cutter, lem tembak, bor

Cara Membuat :

-          Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melubangi bagian tengah tutup toples plastik dengan menggunakan bor.

-          Bagian atas tutup toples tersebut diberi lem disekitar lubang kecil tadi

-          Tempelkan Dinamo pada bagian yang sudah diberi lem, lalu bagian bawah dinamo tersebut diberi bekas isi pensil untuk meletakkan baling-baling

-          Setelah itu tutup toples tersebut diberi lubang kecil secara merata dengan menggunakan bor

-          Buatlah baling-baling dengan menggunakan tutup botol dan bagian botol bekas

-          Tempelkan baling-baling tersebut pada bagian bawah tutup toples yang tersambung dengan isi pensil dan dinamo

-          Potong bagian atas botol air mineral kurang lebih panjangnya 10 cm

-          Langkah berikutnya adalah dengan memasang bagian tutup botol tersebut pada samping toples yang telah dilubangi sebesar botol air mineral yang akan dipasang

-          Lem kedua bagian tersebut dengan menggunakan lem tembak

-          Pasang  baterai 9v pada bagian luar toples

-          Hubungkan baterai dengan dinamo serta tombol swicth on off

-          Untuk memakainya kita tinggal mengisi balok es batu kedalam toples tersebut,lalu nyalakan AC dengan menekan tombol ON

-          AC buatan sendiri pun siap untuk mendinginkan ruangan

Cara lain untuk membuat AC dari bahan toples

Bahan :

-          kipas bekas komputer 12 V

-          Adaptor  12V

-          Toples Plastik, atau kita juga bisa menggunakan wadah lain

-          Jek untuk Adaptor

-          solder dan timah

-          isolasi

Langkah untuk membuat :

-          Langkah yang pertama adalah dengan melubangi tutup toples tersebut. Usahakan lubang sesuai ukuran kipasnya

-          Setelah itu rekatkan kipas pada tutup toples secara merata

-          Apabila tutup sudah terpasang dengan benar, maka kita tinggal menggunakannya saja

-          Berikutnya adalah lubangi bagian sisi toples sebagai tempat untuk lubang udara

-          Hubungkan bagian kipas dengan adaptor

-          Masukkan beberapa balok es batu kedalam toples tersebut, lalu nyalakan kipas

-          Dan kita pun bisa menikmati AC buatan sendiri tersebut

Kita bisa menggunakan AC buatan tersebut dengan menaruh di pojokan ruangan. Cara kerja AC buatan ini hampir sama dengan AC yang sesungguhnya. Hanya saja ukuran yang kecil tidak efektif digunakan di ruangan yang luas. Walaupun kita ingin membuat ruangan menjadi dingin menggunakan toples yang agak berukuran besar serta es batu dalam jumlah banyak. Disamping itu penggunaan kipas juga berukuran yang lebih besar.

Berbeda dengan AC yang sesungguhnya, yang sistem pendingin menggunakan freon, jadi bisa menjangkau ruangan yang cukup luas menjadi lebih dingin. Itu sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan.

Itulah 2 cara untuk membuat AC sendiri dengan menggunakan toples yang ilmunya kami dapatkan dari tukang Service ac jogja. Cara ini mudah dilakukan serta tidak membutuhkan biaya yang besar. Apapun pilihan kita tetap sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Semoga bermanfaat.