Cara Merawat Step Pada Anak

Deskripsi

Kebanyakan orang tua akan merasa panik saat terjadi step pada anak. Apa itu step? Bagaimana cara merawat step pada anak? Simak jawabannya berikut ini.

Artikel

Penyakit step atau disebut juga kejang demam adalah reaksi mendadak berupa kejang pada anak yang disebabkan oleh demam. Akan tetapi penyakit step bukanlah sebuah kelainan. Pada umumnya, penyakit step terjadi pada anak usia enam bulan hingga lima tahun.

Beberapa Cara Merawat Step Pada Anak

·       Menjaga posisi anak

Penyakit step pada anak terjadi secara tiba-tiba dan tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Apabila terjadi step saat posisi anak tidak tepat, hal itu akan sangat berbahaya bagi anak.

·       Jangan merasa panik berlebihan

Bagi seorang ibu pasti akan merasa panik saat si buah hatinya mengalami step. Tapi sebaiknya bunda jangan panik berlebihan ya karena dalam keadaan panik justru tidak bisa memberikan pertolongan untuk sikecil. Bunda hanya perlu menunggu dan menyesuaikan posisi anak atau bisa juga melakukan langkah-langkah yang disarankan dokter karena biasanya step akan berhenti sendiri.

·       Lihat potensi bahaya pada anak

Bunda harus memperhatikan dan melihat apakah kondisi si kecil berbahaya atau tidak. Apabila si kecil dalam kondisi dan posisi yang bahaya segera pindahkan si kecil agar terhindar dari benda yang keras.

·       Amati periode step

Walaupun tidak panik berlebihan tetapi bunda tetap harus mengamati periode step karena semakin lama periode step maka semakin berbahaya bagi si kecil. Selain itu, sebagian sistem syaraf si kecil tidak bekerja saat terjadi step.

·       Biarkan anak berbaring

Step juga bisa terjadi berulang loh bun, oleh karena itu saat kondisi si kecil mulai pulih biarkan ia tetap berbaring ya bun.

·       Jauhkan benda berbahaya disekitar anak

Saat dan setelah terjadi step pada si kecil, segera jauhkan benda-benda yang dapat membahayakan anak.

·       Memberikan bantal kepala

Bantal akan membuat posisi anak lebih nyaman dan menghindarkan kepala dari permukaan keras. Pastikan posisi kaki tidak lebih tinggi dari jantung ya bun.

·       Tidak meletakkan sendok pada mulut anak

Meletakkan sendok dimulut anak juga kadang berbahaya karena bisa menyebabkan cedera dan resiko rusaknya gigi anak.

Nah itu dia beberapa cara merawat step pada anak yang bisa bunda coba saat sikecil mengalami step. Semoga sikecil dan bunda selalu sehat ya bun.