Ciri Ciri Burung Cendrawasih

Cendrawasih merupakan salah satu flora khas Indonesia yang berasal dari wilayah Indonesia bagian timur. Secara ekslusif, burung ini merupakan fauna khas dari pulau Irian Jaya karena habitat aslinya berasal dari sana. Bahkan dalam perjalanan sejarah Indonesia, burung Cendrawasih merupakan ikon dari masyarakat Papua. Banyak masyarakat adat di Papua yang menganggap Cendrawasih sebagai burung yang sangat spesial. Tidak heran jika suku Hanoi yang merupakan suku asli di Papua pun kerap melakukan upacara yang menampilkan tarian Cendrawasih lengkap dengan atribut bulu dan aksesoris yang mirip dengan anatomi tubuh burung tersebut. Bagi Anda yang penasaran dengan burung ini, berikut informasi tentang ciri ciri burung cendrawasih.

Secara umum, burung cendrawasih memiliki ukuran tubuh yang berbeda dari burung lain. Tubuhnya berukuran cukup besar dengan paruh yang panjang. Yang membuat burung cendrawasih terasa spesial adalah perpaduan warna dan suaranya yang khas. Berdasarkan ciri ciri burung cendrawasih, bulu indah dengan gabungan beberapa warna sekaligus ini hanya dimiliki oleh burung jantan. Gabungan warna hitam, merah, cokelat, biru, kuning, ungu, dan putih berfungsi untuk menarik betina pada masa kawin. Warna pada bagian kepala, sayap, dan punggung biasanya pekat dengan perpaduan beberapa warna. Hanya bagian ekor yang memiliki satu warna, yakni putih.

Untuk anatomi tubuh, panjangnya bisa mencapai 15 cm dengan berat hingga 50 gram untuk jenis Cendrawasih Raja. Bahkan ada yang lebih besar lagi, akni Cendrawasih Paruh Sabit Hitam yang mencapai ukuran 110 cm dengan berat hampir 500 gram. Ciri lain dari burung cendrawasih adalah suara yang indah. Akan tetapi, ciri ciri tersebut justru yang membuat burung ini terancam punah akibat perburuan masal. Banyak orang yang ingin memelihara burung cendrawasih karena suara dan warnanya yang sangat indah. Hal ini sangat disayangkan karena mengakibatkan adanya perburuan liar yang sudah jelas melanggar undang-undang. Jika aparat tidak bisa bertindak tegas terhadap perburuan liar di Papua, bukan tidak mungkin burung cendrawasih akan punah.