Panduan Dekorasi Ruang Tamu Kreatif dan Fungsional

 

Salah satu bagian di rumah yang memegang peranan penting adalah ruang tamu. Bagaimana tidak, dalam ruangan inilah nantinya para tamu datang ke rumah dan bisa memberikan kesan terhadap rumah yang Anda punyai. Untuk itulah sudah seharusnya ruang tamu ditata dengan baik sehingga tidak akan bikin malu ketika Anda ada tamu yang berkunjung. Nah, salah satu ide yang pasti akan bikin Anda tertarik adalah mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional.

 

Tentunya apabila Anda memilih untuk mendekorasi ruang tamu ini secara kreatif dan fungsional akan memberikan banyak keuntungan lebih dan dijamin tidak akan menyesal. Terlebih bagi Anda yang memang punya ruang tamu ukuran minimalis, pasti membutuhkan strategi ekstra untuk mendapatkan dekorasi yang tepat dan nyaman. Untuk itulah simak panduan mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini secara lengkap tanpa terabaikan.

Mengenal Mendekorasi Ruang Tamu Secara Kreatif dan Fungsional

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bagaimana cara mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional, dalam panduan ini Anda harus terlebih dahulu paham mengenai dekorasi ini dilakukan. Dengan begitu Anda akan lebih tertarik dan sadar betapa dekorasi ini harus dilakukan.  Nah, dalam mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini, kunci utamanya adalah Anda harus menempatkan beragam perabot atau hiasan sesuai dengan tempatnya secara terorganisir dan memilih yang fungsional.

 

Pada desain mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini akan mempertimbangkan kesan simple, rapi, menarik, praktis dan atraktif tentunya. Pentingnya dekorasi ini untuk dilakukan karena akan menghasilkan ruang tamu yang nyaman dan punya nilai lebih, baik untuk penghuni rumah atau para tamu. Anda juga akan menghindari pengunaan furnitur yang berlebih karena sudah ada aspek kreatif dan fungsional dalam desain yang satu ini.

 

Cara Mendekorasi Ruang Tamu Secara Kreatif dan fungsional

Untuk mendekorasi mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini, ada beberapa cara yang harus bettors perhatikan dengan seksama. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

 

  1. Pilih Furnitur Simple

 

Cara pertama yang harus dilakukan dalam mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional adalah memilih furniture yang punya kesan simple. Pasalnya furniture ini akan memberikan Anda kesan ruang lebih, sederhana dan elegan. Bagi yang punya ukuran ruang tamu dengan ukuran minimalis, cara yang satu ini amat cocok.

 

  1. Memilih Furnitur Multifungsi

 

Berikutnya yang harus dilakukan ketika ingin mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional adalah memilih furnitur yang multifungsi. Anda bisa menghemat lebih banyak uang sekaligus ruang karena tidak perlu membeli banyak furnitur nantinya. Selain itu, Anda juga tak perlu menambah beragam dekorasi lainnya mengingat furnitur dalam mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini sebagai hiasan.

 

Nah, rekomendasi furnitur multifungsi dalam mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini bisa meja sekaligus rak atau kursi totoman yang ada laci penyimpanannya dan masih banyak lagi. Anda mampu mendapatkan furnitur multifungsi ini ini langsung pada furniture Jepara ataupun kota lain dimana domisili berada.

  1. Gunakan Wall Art

 

Masih banyak yang belum mencoba untuk menggunakan dekorasi wall art dengan baik pada ruang tamu yang dipunyai. Padahal dengan begitu Anda bisa mendapatkan dekorasi secara kreatif dan fungsional yang akan bikin betah berada di ruang tamu. Anda bisa memilih gambar langsung pada tembok yang dipunyai adaupun memasang dekorasi-dekorasi lainnya pada tembok seperti menambahkan lukisan, foto, cermin, ornamen khusus dan masih banyak lagi.

 

  1. Atur Pencahayaan dengan Baik

 

Anda juga harus mampu mengatur pencahayaan yang baik dalam mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional. Pencahayaan ini bisa mempergunakan cahaya alami atau cahaya buatan seperti dari lampu. Untuk pencahayaan alami, pasang ruang tamu dengan jendela yang cukup agar cahaya matahari bisa masuk dan udara pun bisa bersirkulasi dengan baik. Disini jendela bisa berguna sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan alami. Sementara itu bila Anda memasang lampu pun bisa dual fungsi dimana sebagai pencahayaan dan juga hiasan.

 

  1. Tambahkan Tanaman Hijau Beraroma

 

Tentu saja aspek kenyamanan amat penting dan harus diperhatikan saat Anda mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional. Oleh karena itu, Anda bisa menambahkan tanaman hijau beraroma wangi. Dengan tanaman hijau ini akan bisa sebagai pengusir bau tidak sedap, pewangi ruangan, hiasan dan juga menambahkan kesan alami yang menyebabkan kenyamanan ketika Anda ada di ruang tamu.

 

  1. Pilih Furniture dengan Ukuran yang Tepat

 

Pemilihan ukuran furniture akan bergantung pada ukuran ruang tamu. Untuk itulah sebelum Anda memulai untuk mendekorasi ruang tamu secara kreatif dan fungsional ini ketahui ukuran dari ruang tamu dan perkirakan sekiranya ukuran furniture mana yang tepat untuk dipergunakan. Misalnya ketika ruang tamu minimalis, pilih furnitur yang memang ukurannya tidak terlalu besar dan tempatkan furniture ini mepet dengan tembok. Sementara itu untuk yang punya ukuran luas pada ruang tamu, Anda bebas untuk memilih ukuran furniture tetapi untuk mengisi ruang dengan baik, disarankan untuk memilih yang ukurannya besar dan penempatannya jangan sampai menempel dengan tembok.