Makin Paham, Yuk Intip Keunggulan Kirim Paket Antar Pulau Lewat Jalur Laut

Pengiriman barang antar pulau biasanya menawarkan dua pilihan yaitu melalui jalur laut dan jalur udara. Pengiriman keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing, sehingga menjadi pertimbangan yang cukup sulit bagi pengirim barang. Biasanya pemilihan barang melalui jalur udara dinilai lebih cepat dibandingkan jalur laut. Meskipun demikian, kirim paket melalui jalur laut juga memiliki banyak kelebihan, diantaranya sebagai berikut.

Keuntungan Mengirim Barang Lewat Jalur Laut

  1. Biaya Pengiriman Lebih Murah

Salah satu pertimbangan ketika memilih jasa layanan ekspedisi yaitu tarif yang dikenakan ketika melakukan pengiriman barang. Untuk keperluan bisnis, pastinya seseorang akan memilih jasa ekspedisi yang menawarkan tarif harga yang lebih murah. Apalagi jika jumlah barang yang dikirim tidak sedikit. Jika ongkos kirim yang ditetapkan jasa ekspedisi cukup mahal, maka pengeluaran akan habis hanya untuk membiayai tarif pengiriman barang antar pulau.

Namun dengan menggunakan ekspedisi kapal laut, maka biaya yang anda keluarkan bisa ditekan. Jadi anda tidak perlu khawatir meskipun jarak antar kota asal dan kota tujuan cukup jauh, karena selisih tarif tidak terlalu mahal dibandingkan jalur yang lain. Biasanya tarif ini akan disesuikan dengan berat barang yang akan dikirim. Untuk mengetahui biaya pengiriman yang ditetapkan, anda bisa mengunjungi website perusahaan ekspedisi Surabaya ke kota tujuan.

  1. Bisa Menjangkau Daerah yang Lebih Luas

Penjualan barang secara online seringkali menemui beberapa masalah seperti lokasi pembeli yang cukup jauh dari pusat kota. Sedangkan tidak semua ekspedisi antar pulau memberikan pelayanan kirim paket ke lokasi yang sulit dijangkau. Tentunya hal ini bisa menyebabkan keterbatasan jumlah pembeli barang tersebut. Namun, dengan menggunakan jasa ekspedisi jalur laut, maka pengiriman barang bisa menjangkau daerah yang lebih  luas.

Ekspedisi kapal memungkinkan pengiriman barang dari daerah yang padat penduduk hingga daerah dengan penduduk yang lebih sedikit. Dengan begitu, anda bisa memperluas konsumen dari produk anda di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua. Untuk memastikan agar barang tersebut sampai ke penerima dengan aman, anda bisa menggunakan fasilitas sistem tracking yang sudah disediakan oleh perusahaan jasa ekspedisi antar pulau.

  1. Jumlah Barang yang Tidak Dibatasi

Keuntungan selanjutnya yaitu tidak ada batasan jumlah barang dikirim. Anda bisa mengirim barang dalam jumlah yang banyak dalam sekali pengiriman. Anda hanya perlu menambah biaya pengiriman sesuai berat barang yang dikirim. Tentunya jika dihitung, biaya pengiriman barang antar pulau dinilai lebih murah bukan? Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis, khususnya yang memiliki para pelanggan dari berbagai daerah di Indonesia.

Dengan pengiriman barang yang tidak dibatasi, anda juga bisa menghemat waktu. Sebagaimana misalnya jika waktu yang dibutuhkan untuk kirim paket ke pulau lain membutuhkan waktu sekitar 12 hari. Jika pengiriman barang dibatasi, anda bisa saja mengirim barang untuk dua kali pengiriman sehingga membutuhkan waktu 24 hari. Namun, karena pengiriman barang bisa dilakukan dalam jumlah yang banyak anda hanya perlu sekali pengiriman saja.

  1. Bisa Mengirim Berbagai Jenis Barang

Mungkin jika anda menggunakan jasa ekspedisi udara , akan ada beberapa peraturan seperti keterbatasan dalam menentukan jenis barang yang akan dikirim. Kondisi ini tentunya cukup menyulitkan pengirim, apalagi jika ukuran barang yag dikirim cukup besar sehingga memakan tempat yang cukup banyak. Dengan mengirim lewat jalur laut, anda bisa mengirim barang yang berat sekalipun seperti motor, mobil atau mesin untuk dikirim ke lokasi tujuan.

Tidak hanya itu, pengiriman dengan jalur laut juga memungkinkan anda untuk mengirim barang dalam bentuk cairan seperti deterjen, sabun cair, parfum, cat, hingga madu. Namun, untuk pengemasan barang barang tersebut sebaiknya dilakukan dengan menggunakan kayu agar nantinya tidak sampai bocor, sehingga dapat mengotori paket yang laut. Selain itu, anda juga bisa menggunakan jasa packing dari ekspedisi antar pulau lewat jalur laut untuk kirim paket.

  1. Tingkat Keamanan yang Terjamin

Selain beberapa keunggulan di atas, pengiriman barang melalui jalur laut juga menjamin keamanan barang. Hal ini dikarenakan kapasitas pengiriman barang yang lebih luas sehingga pengiriman barang bisa lebih aman. Bahkan anda juga bisa mengirim barang barang elektronik atau barang berharga lainnya tanpa perlu khawatir. Jika kemasan sudah dilakukan dengan baik dan dipastikan aman, maka barang tersebut dapat diterima dalam kondisi yang baik.

Namun, untuk barang barang berharga yang akan dikirim, biasanya jasa ekspedisi akan mewajibkan biaya asuransi sebagai jaminan. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan barang atau kehilangan. Biaya yang ditetapkan setiap jasa ekspedisi jalur laut berbeda beda. Jika barang yang dikirim tidak lebih dari Rp 15 juta, maka biaya asuransi masih tergolong murah. Dengan begitu, kirim paket antar pulau menjadi lebih aman hingga lokasi tujuan.

  1. Kecepatan Pengiriman

Meskipun jika dibandingkan dengan jalur udara, pengiriman jalur laut lebih lama. Namun, bukan berarti anda tidak bisa mengirim barang dengan waktu yang lebih cepat. Terdapat beberapa jenis armada yang bisa digunakan untuk mengirim barang melalui jalur laut, mulai dari kapal cargo, kapal peni hingga kapal roro. Tentunya beberapa armada laut tersebut memiliki kecepatan pengiriman barang yang berbeda beda antara armada yang satu dengan yang lain.

Umumnya, kapal yang sering digunakan untuk mengirim barang adalah kapal cargo. Hal ini dikarenakan kapal tersebut memiliki tempat yang lebih luas untuk memuat barang yang akan dikirim. Namun, anda juga bisa memilih armada yang lebih cepat untuk mengirim barang agar lebih tepat waktu. Biasanya kapal roro dipilih oleh pengirim untuk kirim paket dengan waktu yang singkat. Sedangkan berdasarkan  rute yang digunakan, armada laut terdiri dari liner dan trampler.

Itulah beberapa keuntungan menggunakan jasa ekspedisi lewat jalur laut. Saat ini banyak sekali jasa ekpedisi jalur laut yang menawarkan biaya yang lebih murah. Namun, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berbagai fasilitas yang diberikan, untuk memastikan bahwa pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan anda. Biaya pengiriman yang lebih murah juga perlu dicurigai. Karena dikhawatirkan paket yang dikirim tidak sampai tepat waktu sesuai kepada si penerima barang.