Lebih Bervariasi, Yuk Simak 6 Model Rak Dapur Plastik Inovatif Berikut

Pada dasarnya, rak dapur, rak piring, atau rak penyimpanan terbuat dari berbagai macam jenis material. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa rak dengan bahan plastik masih menjadi primadona karena harganya lebih terjangkau. Tidak hanya itu, material ini juga tidak mudah berkarat atau keropos, meskipun kekuatannya tidak sebaik besi atau kayu. Bahkan ada banyak model rak dapur plastik yang bisa Anda pilih, seperti beberapa model berikut ini.

Beberapa Model Rak Dengan Bahan Plastik Untuk Dapur Yang Bisa Anda Pilih

  1. Rak Bumbu Dapur Serbaguna

 

Model pertama yang kerap ditemukan adalah rak bumbu dapur serbaguna. Seperti namanya, produk jenis ini mengutamakan desain untuk digunakan sebagai rak untuk wadah bumbu kecil atau stoples, begitu pula peralatan lainnya. Biasanya, rak jenis ini juga banyak ditemukan dengan bahan dasar besi. Namun dengan mempertimbangkan efek mudah berkarat, karena itulah rak dapur dengan bahan plastik kian banyak diminati.

Meski memiliki kekuatan yang tidak sebanding dengan besi, namun model ini sengaja dibuat dengan kontainer terbatas. Bisa dilihat dari dua atau tiga susun rak yang hanya cukup untuk beberapa mug, stoples bumbu, botol minuman, atau beberapa kemasan kopi. Hal tersebut dikarenakan rak ini memang tidak didesain untuk tahan beban alat berat. Namun di bagian bawahnya juga kerap dilengkapi dengan gantungan untuk mug atau lap meja.

  1. Rak Piring Dan Dapur Melingkar

Salah satu nilai plus yang dimiliki bahan plastik adalah kemudahan pembuatan dan juga berbagai kemungkinan desain atau bentuk yang bisa diadopsi. Dalam hal ini, rak piring, rak gelas, atau rak peralatan masak dengan bentuk melingkar nan kecil dan simpel pun kerap ditemukan di pasaran. Pada dasarnya, desain atau model ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan rak untuk tempat kecil dan ruang terbatas.

Pastinya ada banyak macam model dan tampilan yang bisa Anda pilih. Beberapa produk menggunakan model dengan gerigi dan lubang di bagian dasarnya untuk mempermudah aliran air yang menetes dari piring atau segala alat dapur. Ada juga model rak dapur plastik dengan desain pilar yang melingkar pada garis pinggir sebagai pembatas dan juga untuk tempat meletakkan gelas. Bahkan tidak sedikit yang beri model bongkar pasang untuk permudah peletakan.

  1. Rak Pengeringan Wastafel

Tidak hanya mudah untuk dibentuk, namun plastik juga tidak mudah berkarat, keropos, atau rusak. Karena itulah cukup banyak produk yang didesain khusus untuk rak meniriskan air bekas cucian. Dalam hal ini, kebanyakan model dibuat dengan tujuan untuk diletakkan dekat wastafel atau tempat pencucian piring. Namun tidak sedikit pula yang didesain dengan ide rak gantung yang berada tepat di atas wastafel.

Tujuannya sama, yakni meniriskan air dan mengarahkan tetesan air tersebut langsung ke wastafel. Tentunya, agar piring dan perabot lainnya aman dan bersih, bahan rak yang digunakan haruslah anti karat. Dengan begitu, Anda bisa gunakan bahan stainless steel atau plastik. Jika Anda mencari produk yang lebih terjangkau, maka memilih produk dari bahan plastik adalah pilihan yang tepat. Bahkan cukup banyak model yang bisa dipilih.

Anda bisa gunakan rak plastik susun dengan desain permukaan jaring. Rak piring dengan dasar jaring atau rongga akan bantu penirisan lebih baik. Apabila Anda punya koleksi piring, bumbu, dan gelas berlimpah, rak jenis ini juga bisa digunakan untuk tempat simpan bahan tersebut. Anda juga bisa gantung satu susun rak atau tempel di dinding tepat di atas wastafel. Terdapat banyak model dengan pilihan jumlah susunan, Anda bisa pilih sesuai kebutuhan.

  1. Rak Piring Dengan Penutup

Variasi dari rak piring dengan bahan plastik tidak akan ada habisnya. Mulai dari bentuk hingga ketahanannya, tidak bisa dipungkiri jika model rak dapur plastik terdiri dari  banyak pilihan produk. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah rak piring dengan tutup. Sesuai dengan namanya, produk ini dilengkapi dengan penutup transparan dari bahan plastik untuk melindungi piring, gelas, atau sendok garpu dari debu dan kotoran.

Pada dasarnya, produk ini tampak seperti peti atau wadah untuk menyimpan peralatan makan. Apalagi beberapa desain dilengkapi dengan handle atau pegangan untuk permudah gerak. Tetapi jika diperhatikan dengan lebih dalam, desain bagian dalam kotak ini cukup berbeda. Hal ini dikarenakan adanya sekat untuk menopang peralatan dan juga desain penopang berongga untuk bantu meniriskan air. Jadi bisa digunakan untuk di dapur atau bepergian.

  1. Rak Piring Unik

Berbeda dengan material lain seperti kayu, aluminium, stainless steel atau besi, plastik memiliki kelebihan dalam segi keserbagunaannya. Hal ini terbukti dari beberapa produk yang gunakan ide unik dan juga multifungsi. Salah satu yang menarik perhatian adalah rak piring yang terbuat dari papan sederhana dan beberapa sekat dengan tinggi yang berbeda. Desain ini bisa digunakan untuk meniriskan piring, mug, sedok, hingga tatakan.

Jika tidak digunakan, sekat tersebut bisa direndahkan atau dilepas, sehingga papan bisa digunakan untuk nampan. Tidak hanya itu, bahkan beberapa model nyeleneh pun kerap ditemukan. Seperti contohnya adalah rak piring yang memiliki wadah untuk menanam herbal pada sisinya. Model ini tidak hanya bisa digunakan untuk tiriskan atau letakkan piring secara vertikal, namun juga beri tampilan atau kesan eye-pleasing dengan desainnya yang unik.

  1. Rak Dapur Susun Modern Portabel

Model rak dapur plastik terakhir ini mengadopsi desain modern namun tepat minimalis. Rak ini punya tampilan layaknya kotak putih dengan bukaan yang cukup lebar sehingga cocok untuk simpan peralatan makan, botol, hingga buah dan sayur. Disebut portabel karena setiap susunya dijual terpisah, sehingga Anda bisa beli sesuai kebutuhan. Anda bisa susun rak ini dan pasang roda pada rak paling bawah agar permudah pemindahan.

Jika berbicara mengenai material rak yang satu ini, perlu digaris bawahi bahwa plastik tidak bisa tahan beban yang terlalu berat. Karena itu, banyak sekali model yang mengutamakan desain simpel, kecil, dan ringan. Bahkan seperti yang sudah dijelaskan pada poin poin sebelumnya bahwa, rak ini cenderung digunakan untuk piring, spice rack ideas, atau rak pengeringan dekat wastafel, bukan untuk rak penyimpanan besar untuk simpan peralatan berat.