Posisi Dapur Yang Baik dan Efisien

Dapur sebagai tempat kita memasak makanan untuk keluarga pastiklah kita akan memastikan dapur selalu bersih agar makanan yang kita sajikan higienis dan baik untuk dikonsumsi keluarga. Nah selain kebersihan dapur, anda juga perlu memperharikan tentang posisi dapur, simak artikel ini untuk bisa mengetahui posisi dapur yang baik dan efisien.

Selain kebersihan dan kehigienisan makanan Anda juga perlu memperhatikan tentang posisi dapur yang baik. Posisi dapur yang baik dan efisien dapat memudahkan Anda saat memasak serta akan meminimalisir kelelahan akibat posisi dapur yang membuat anda terus berkeliling ketika memasak.

Dalam ilmu Feng Shui posisi dapur memiliki peran yang cukup penting, diletakkannya barang-barang pada tempat yang tepat akan sangat memudahkan bagi penggunanya untuk mencari dan menggunakan barang tersebut, pernyataan posisi dapur jika penting agar tidak terjadi pemborosan penggunaan ruangan. Penempatan posisi dapur ini menitikberatkan pada ada letak dapur pada bagian rumah dan juga letak barang-barang primer di dapur.

Untuk lebih memahami posisi dapur yang baik dan efisien ceklist.id akan memberikan informasi lengkap tentang tata posisi dapur.

Posisi Dapur yang Baik dan Efisien

Berikut ini beberapa konsep dan posisi dapur yang baik dan efisien sesuai ilmu ilmu Feng Shui.

  1. Posisi dapur tidak berada di tengah rumah

Posisi dapur yang baik adalah dapur yang tidak berada di tengah rumah, dapur yang berada di tengah rumah akan menyulitkan saat anda akan melakukan aktivitas, karena biasanya dapur menciptakan asap saat sedang memasak sesuatu. Sehingga Anda dapat meletakkan dapur di bagian samping rumah atau bagian belakang, ini untuk memudahkan sirkulasi udara masuk dan keluar dari dapur agar tidak tersebar ke seluruh ruangan di dalam rumah.

Posisi dapur yang ada di samping ataupun bagian belakang juga akan memudahkan bagi anda untuk menempatkan ruang makan di bagian tengah, sudah menjadi kebiasaan bagi kita warga Indonesia untuk menempatkan ruang makan di bagian tengah rumah. Anda juga bisa membuat posisi dapur bersebelahan dengan posisi ruang makan atau menjadikan dapur dan ruang makan dalam satu ruangan, ini digunakan agar pergerakan anda dari dapur ke ruang makan tidak terlalu banyak sehingga Anda tidak mudah lelah.

  1. Kamar mandi tidak di atas dapur

Jika anda hendak membangun rumah 2 lantai, Anda bisa memastikan posisi dapur bukanlah di bawah kamar mandi. Kamar mandi merupakan ruangan yang menyimpan banyak bakteri, sehingga bila terjadi kebocoran pada kamar mandi di lantai dua dan dapur berada di bawahnya, ini akan sangat merepotkan bagi anda, karena selain banyak air yang mengalir dari kamar mandi bakteri juga dialirkan dari kamar mandi di bagian atas ke dapur Anda sehingga akan sulit menjaga dapur anda tetap bersih dan terhindar dari kotoran serta bakteri yang berasal dari kamar mandi.

  1. Posisi kamar tidur tidak diatas dapur

Kamar mandi yang menyimpan banyak sekali bakteri di dalamnya, kamar tidur juga disarankan untuk tidak berada di atas dapur, bukan mengganggu proses memasak posisi kamar tidur diatas dapur akan mengganggu anda yang berada di kamar tersebut. Terlebih sangat tidak disarankan posisi kasur berada di atas kompor dapur, baik bagi Anda yang sudah memiliki pasangan maupun yang belum karena posisi ini sangat tidak baik untuk kesehatan organ reproduksi anda.

  1. Posisi meja dapur

Meja dapur sebagai meja yang biasanya digunakan untuk tempat masakan yang setengah jadi maupun sudah matang, disarankan untuk tidak diletakkan di bawah tangga. Hal ini karena, bisa saja setiap masakan yang kita masak akan mudah terkena debu atau runtuhan tangga saat ada orang yang lewat di tangga tersebut, untuk meminimalisir hal tersebut pastikan untuk menaruh meja dapur di tempat yang bersih dan terhindar dari debu dan kotoran.

  1. Posisi kompor/ pengapian

Untuk posisi kompor atau pengapian di dapur,  Anda bisa meletakkannya di dekat ventilasi yang ada di dapur anda, Hal ini bertujuan untuk memudahkan asap pembakaran saat anda memasak mudah keluar dari ruang dapur, sehingga nantinya asap ini tidak membuat seluruh penghuni rumah merasa sesak nafas. Adapun bagi Anda yang menggunakan kompor dengan energi gas, posisi kompor yang berada di dekat fertilisasi akan memudahkan pertukaran udara saat terjadi kebocoran gas, sehingga meminimalisir terjadinya kebakaran di rumah Anda akibat kebocoran gas.

  1. Posisi tempat penyimpanan bahan masakan

Posisi tempat penyimpanan makanan atau kulkas, haruslah berada di dalam dapur. Kulkas atau lemari penyimpan bahan makanan bila berada di luar dapur atau di ruangan lain akan sangat menyulitkan mobilisasi anda saat sedang memasak. Anda dapat kelelahan akibat terlalu banyak melakukan aktivitas mondar-mandir untuk mengambil bahan masakan. Sehingga pastikan untuk menempatkan lemari penyimpanan bahan masakan atau kulkas di dalam dapur dan dekat dengan kompor.

Demikian artikel mengenai posisi dapur yang baik dan efisien, pastikan anda untuk mendesain dapur seefisien mungkin untuk digunakan agar memudahkan Anda saat memasak sehingga anda tidak mudah lelah karena terlalu banyak mondar-mandir saat memasak.