Sudah Tahu Syarat Dan Cara Masuk STAN? Yuk Cek Di Sini

Apakah anda salah satu peminat PKN STAN? PKN STAN yang berdiri di bawah Kementerian Keuangan ini membuka sekolah tinggi untuk dipekerjakan di berbagai lembaga, baik keuangan maupun non keuangan. Tidak hanya itu, anda juga bisa berkarier di perusahaan luar negeri jika memang berminat. Sebelum masuk ke kampus impian ini, tentu anda harus memahami syarat dan cara masuk STAN agar tidak ada yang terlewat. Yuk intip selengkapnya di bawah ini!

Ketentuan Kuliah di PKN STAN

Program studi yang tersedia di kampus impian putra putri bangsa ini terdiri atas dua jenjang, yatu D1 dan D3. Keduanya memiliki masa studi yang berbeda, yaitu 2 semester dan 6 semester. Uniknya dari kampus ini, anda akan dikeluarkan jika tidak lulus di tiap ujian semester. Dengan begitu, para mahasiswa kampus satu ini dituntut untuk selalu giat belajar. Akan tetapi, anda tidak perlu khawatir tidak memiliki waktu luang untuk menyegarkan pikiran.

Berlabel sekolah tinggi kedinasan, sehingga para mahasiswa kampus bergengsi ini tidak ditarik biaya selama menempuh pendidikan. Hal ini berlaku untuk semua program studi yang ada di PKN STAN ini. Selain itu, para alumni memiliki ikatan dinas yang membuatnya tidak bingung untuk mencari kerja karena akan ditempat di berbagai lembaga, baik keuangan maupun non keuangan. Selain itu, anda juga dapat diangkat sebagai CPNS di formasi yang tersedia.

Program Pendaftaran yang Dibuka

PKN STAN membuka dua program untuk seluruh putra putri bangsa. Akan tetapi, keduanya memiliki ketentuan yang cukup berbeda. Program pertama adalah program reguler yang diperuntukkan seluruh putra putri di Indonesia. Cara masuk STAN dapat melalui 4 jurusan, baik di pusat maupun daerah. Alumni dari program reguler ini akan ditempatkan di berbagai lembaga yang membutuhkan, baik kementerian keuangan maupun non keuangan.

Program kedua yang dibuka oleh PKN STAN adalah program afirmasi. Program satu ini memiliki syarat khusus, yaitu hanya dapat diikuti oleh putra putri dari daerah terkait. Daerah yang dipilih seperti Provinsi Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timus, Maluku Utara, dan Maluku Selatan. Para lulusan program afirmasi ini akan ditempatkan di kementrian keuangan di wilayah yang berbeda beda di daerah terkait. Tentunya mengisi formasi yang tersedia di tahun tersebut.

Syarat Umum Mendaftar di PKN STAN

Jika anda berminat untuk mendaftar kuliah di PKN STAN, wajib untuk memahami beberapa syarat agar dapat lolos hingga tahap akhir. Berhubung di tahun 2020 ini STAN tidak membuka pendaftaran, maka ini berpatokan pada syarat pendaftar di tahun 2019. Pendaftar merupakan lulusan SMA/sederajat di tahun 2019 atau sebelumnya. Rata rata nilai ijazah untuk lulusan 2018 adalah 70/100, sedangkan lulusan 2019 memiliki rata rata nilai rapor 70/100 atau 2.80/4.00.

Usia pendaftar minimal 17 tahun dan 15 tahun di masing masing jenjang, yaitu D1 dan D3. Usia maksimal pendaftar per bulan September adalah 20 tahun. Selain itu, yang paling penting pada cara masuk STAN, yaitu belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama menempuh pendidikan. Pendaftar harus membayar biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah. Pastikan anda belum pernah lolos pada tes SPMB PKN STAN di tahun sebelumnya.

Yang tidak kalah penting, para pendaftar harus sehat secara jasmani dan rohani. Kriteria untuk memastikan kesehatan anda, seperti tidak mengkonsumsi narkotika, psikotropika, atau zat adiktif lainnya. Selain itu, anda harus dapat melihat, mendengar, dan berbicara dengan baik karena ini menunjang proses belajar dan bekerja. Pendaftar juga diharap mampu berdiskusi dan menganalisa dengan baik, serta dapat bergerak tanpa bantuan media apapun.

Syarat Khusus di Beberapa Jurusan

Sekolah tinggi kedinasan satu ini memiliki syarat khusus di beberapa jurusan, seperti jurusan kapabeanan dan cukai serta program afirmasi. Cara masuk STAN jurusan kepabeanan dan cukai memiliki syarat khusus yang ditekankan seputar fisik. Pendaftar laki laki memiliki tinggi minimal 165 cm, sedangkan perempuan di prodi D1 minimal 155 cm dan prodi D3 minimal 165 cm. Selain itu, pastikan anda tidak cacat fisik, buta warna, dan rabun jauh atau dekat maksimal 2 dioptri.

Syarat khusus kedua ditujukan untuk pendaftar program afirmasi. Bagi putra putri daerah yang telah disebutkan sebelumnya, dapat mendaftar di program ini baik lulusan SD/ sederajat, SMP/ sederajat, ataupun SMA/sederajat. Selain itu, bagi yang punya ibu kandung dan/atau ayah kandung sebagai penduduk asli di provinsi terkait, anda dapat memanfaatkannya untuk daftar di program khusus PKN STAN yang dibuka sejak tahun lalu ini.

Cara Daftar PKN STAN

Cara masuk STAN ini memiliki alur yang cukup panjang, tetapi anda dapat mengikutinya dengan mudah. Langkah pertama anda harus daftar di laman resmi PKN STAN dengan memasukkan NIK dan Nomor KK. Lalu anda harus login di halaman pendaftaran dengan NIK dan password yang telah anda miliki. Hal yang paling penting adalah mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi berkas yang diminta. Pastikan tidak ada yang terlewat.

Setelah mengisi formulir, anda dapat mengunduh dan mencetak bukti pendaftaran. Langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah masuk ke website SPMB PKN STAN dengan NIK dan password sebelumnya. Pada tahap ini, anda harus mengisi data yang diminta di kolom yang telah disediakan. Lalu pendaftaran mendapat kode biling untuk membayar biaya pendaftaran sebesar 300 ribu rupiah. Anda dapat membayarnya melalui Bank Mandiri.

Bagi pendaftar program afirmasi, anda juga dapat melampirkan dokumen ijazah SD, SMP, akta kelahiran, KTP ibu kandung atau ayah kandung , dan KK melalui laman resmi PKN STAN. Yang perlu diperhatikan oleh pendaftar, ialah cara masuk STAN ini melalui serangkaian tes SPMB yang terdiri atas tiga tahap, yaitu tes tulis, psikotes, dan tes kesehatan serta kebugaran. Oleh karena itu, anda harus mempersiapkannya dengan sangat baik.

Bagi yang berminat untuk mendaftar ke PKN STAN, tentu telah memiliki jurusan yang diincar. Anda harus mengetahui syarat yang diperlukan dan langkah langkah untuk pendaftaran. Selain itu, mengenai serangkaian tes masuk sekolah tinggi kedinasan ini juga harus anda pahami agar dapat lolos dengan hasil yang maksimal. Bimbel STAN di bimbelstanic.com anda akan mendapat persiapan yang matang, jadi tunggu apa lagi?