Tips Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Ada banyak cara-cara yang bisa dilakukan untuk memudahkan banyak orang dalam menggunakan laptop maupun PC yang Anda miliki. Apalagi bagi beberapa pekerja yang benar-benar membutuhkan adanya perpindahan data dari komputer yang satu dengan yang lainnya. Namun, kendala yang dialami beberapa orang adalah perantara untuk memindah data.

Menggunakan Bluetooth di Laptop

Mungkin, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk melakukan perpindahan data bisa menggunakan flashdisk. Namun, untuk cara atau media lain yang bisa dilakukan bisa dengan menggunakan kabel data atau USB. Kemudahan dalam memindah data ini memang patut diakui karena semua orang sudah menggunakannya.

Akan tetapi, ketahuilah bahwa menggunakan cara ini, justru cukup rawan. Apalagi ketika media yang Anda gunakan baik itu flashdisk maupun menggunakan USB ini mengalami error atau bahkan terkena virus. Maka, semua data yang Anda ingin pindahkan bisa lenyap atau hilang seketika. Solusi lain yang bisa Anda lakukan bisa dengan caramenggunakan Bluetooth.

Bluetooth merupakan sebuah media yang bisa digunakan untuk menghubungkan jaringan pribadi antara beberapa peralatan secara berdekatan. Pada umumnya, Bluetooth ini juga digunakan untuk proses perpindahan data dari media yang satu ke yang lainnya. Fungsi Bluetooth kini sangat penting dibandingkan harus menggunakan USB maupun menggunakan flashdisk.

Untuk proses dari perpindahan data yang dilakukan biasanya perantaranya dari laptop ke komputer maupun smartphone atau bahkan sebaliknya. Akan tetapi, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara untuk mengaktifkan Bluetooth pada perangkat laptop atau komputer yang akan Anda gunakan.

InilahCara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

Jika Anda membutuhkan Bluetooth untuk melakukan perpindahan data, maka Anda bisa mengikuti beberapa cara mengaktifkan Bluetooth di laptop yang telah dirangkum oleh Best AREight:

  • Menggunakan Tombol “Fn”

Pada umumnya, dalam sebuah laptop pasti sudah menyediakan fitur Bluetooth built-in.Biasanya, pada tipe laptop seperti ini, untuk cara mengaktifkannya adalah dengan menekan tombol Fn plus salah satu tombol dari F1 sampai F12.

Cara mengetahuinya adalah melihat ikon Bluetooth yang sudah terpasang pada salah satu tombol dari F1 sampai F12. Anda harus memahami bahwa setiap merek laptop beda-beda, jadi pastikan ada salah satu tombol dari F1 sampai F12 yang memiliki ikon Bluetooth.

Jika Anda sudah menemukannya, maka Anda hanya perlu untuk menekan F4 jika tombol Bluetooth ini berada di tombol F4. Biasanya, jika ikon Bluetooth sudah aktif, maka akan muncul ikon yang menunjukkan bahwa Bluetooth telah bisa Anda gunakan.

  • Menggunakan Device Manager

Untuk mengaktifkan Bluetooth dengan caralainnya bisa dilakukan dengan mengaktifkannya melalui device manager. Caranya cukup mudah, karena nantinya Anda hanya perlu untuk membuka device manager kemudian lihatlah di bagian device manager tersebut. Apabila sudah muncul Bluetooth, namun belum aktif, maka Anda cukup klik kanan, kemudian pilih “enable” untuk mengaktifkannya. Sementara pilihan “disable” adalah untuk menonaktifkannya.

  • Menggunakan Driver Bluetooth (Install)

Jika Anda akanmenyalakan Bluetooth, baik menggunakan tombol Fn maupun menggunakan USB bluetooth, belum tentu semua cara ini bisa digunakan. Biasanya, ada kemungkinan sistem operasi pada laptop Anda belum dipasang pada driver Bluetooth.

Untuk menjalankan Bluetooth ini, maka Anda bisa memasang terlebih dahulu driver Bluetooth. Untuk pemasangan bisa juga dilakukan apabila Anda mempersiapkan CD driver bawaan. Jika tidak ada, maka Anda bisa download driver Bluetooth yang ada di internet baik menggunakan Bluetooth built-in.

  • Menggunakan Dongle USB Bluetooth

Tidak semua jenis laptop memiliki Bluetooth built-in atau bawaan.Apabila laptop yang Anda miliki tidak mendukung Bluetooth, bahkan tidak ada ikon di salah satu tombol dari F1 sampai F12, maka Anda perlu memasang Bluetooth menggunakan cara lain. Cara memasang Bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnyapaling mudah adalah dengan menggunakan dongle USB Bluetooth.

USB dongle ini adalah USB Bluetooth yang dicolok pada port USB yang ada di laptop yang Anda miliki. Untuk bentuk Bluetooth ini bahkan hampir menyerupai flahsdisk namun tidak memiliki antena receiver atau antena yang digunakan untuk menerima data.

Manfaat Menggunakan Bluetooth

Setelah mengetahui cara mengaktifkan Bluetooth di laptop, maka Anda juga bisa mengetahui beberapa manfaat dalam menggunakan Bluetooth. Di mana beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh yaitu:

  • Menggunakan Bluetooth bahkan mampu membantu Anda untuk memudahkan pada saat terhubung ke printer. Anda tidak perlu menggunakan kabel ke komputer maupun laptop untuk mengaktifkannya.

  • Menggunakan Bluetooth juga akan memudahkan Anda untuk menghubungkan mouse dan juga printer tanpa harus menggunakan kabel wireless.

Jadi, itulah sebagian informasi tentang dunia teknologi khususnya yang berhubungan dengan laptop. Di mana Anda bisa mendapat banyaknya informasi penting dan juga menarik khususnya berhubungan dengan laptop yang lengkap dalam kumpulan Best AREight