Islam

Sejarah Singkat Nabi Soleh AS Beserta Kaum Tsamud

Nabi Soleh AS memiliki hubungan yang sangat erat dengan kaum Tsamud. Sehingga ketika membahas mengenai kaum Tsamud tersebut selalu ada kaitannya dengan Nabi Soleh AS. Nabi Sholeh memiliki sejarah singkat yang sangat luar biasa untuk diketahui umat muslim. Sebelum membahas sejarah mengenai Nabi Soleh AS dan hubungannya dengan kaum Tsamud, alangkah baiknya untuk mengenal kaum Tsamud. Seperti apa itu kaum Tsamud?

Kaum Tsamud merupakan sebuah kaum dimana orang – orangnya sangat ahli di bidang bercocok tanam, arsitektur, dan juga beternak. Keahlian yang dimiliki oleh kaum tersebut nyatanya mampu membuat kaum ini melupakan Allah SWT. Kaum Tsamud bahkan berani merendahkan kaum lainnya atas kemampuan yang dimiliki mereka. Kehidupan kaum Tsamud dipenuhi dengan maksiat, foya – foya, mabuk, melakukan tindakan kejahatan, dan berzina.

Diutusnya Nabi Soleh AS Untuk Menyadarkan Kaum Tsamud

Gaya hidup yang dimiliki kaum Tsamud sangat dibenci oleh Allah hingga pada akhirnya Allah mengutus Nabi Soleh AS. Nabi Soleh AS memiliki tugas untuk menyampaikan ajaran kepada kaum Tsamud. Nabi Soleh AS berusaha sekuat tenaga untuk membujuk para kaum Tsamud untuk bertakwa kepada Allah SWT, namun tentu jalan yang ditempuh Nabi Soleh tidaklah mudah. Kaum Tsamud marah besar atas seruan yang diberikan oleh Nabi Soleh AS.

Berbagai usaha yang dilakukan oleh Nabi Soleh AS memberikan hasil yang baik dimana sebagian kecil kaum Tsamud bersedia menerima ajaran yang dibawanya. Sedangkan untuk para petinggi tentu menolak secara keras ajaran yang dibawanya. Sebagian besar kaum Tsamud menanggap bahwa ucapan Nabi Soleh AS tidaklah benar. Banyaknya penolakan yang diberikan kaum Tsamud kepada dirinya membuat Nabi Soleh AS memohon mukjizat kepada Allah untuk membuat kaum tersebut percaya kepada dirinya.

Mukjizat Nabi Soleh AS dari Allah SWT

Permohonan yang diminta oleh Nabi Soleh AS akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT. Allah memerintahkan Nabi Soleh untuk memukul permukaan batu menggunakan tangannya. Setelah memukul batu tersebut maka muncullah seekor unta betina dengan ukuran yang cukup besar. Peristiwa tersebut membuat sebagian dari kaum Tsamud percaya kepada Nabi Soleh dan ada pulayang menganggap bahwa itu hanya tipuan saja.

Ketidak sukaan kaum Tsamud dengan adanya unta besar milik Nabi Soleh AS tersebut membuat kaum Tsamud gelap mata dan ingin membunuh unta tersebut. Kematian unta tersebut membuat Nabi Soleh AS merasa sedih dan mengatakan bahwa aka nada azab untuk kaum Tsamud. Azab yang diberikan oleh Allah SWT kepada kaum Tsamud adalah berupa warna wajah berubah dari kuning, merah, hitam, dan turunlah azab untuk kaum tersebut. Belajar sejarah Nabi Soleh AS kini semakin mudah bersama situs hasana.