Uncategorized

Cara Menenangkan Bayi Menangis dalam Islam

Siapa yang tidak gelisah melihat si kecil terus menangis kencang? Setiap orang tua akan merasa sedih menghadapi bayi yang tiba-tiba menangis. Segala cara dilakukan agar mereka kembali tenang. Namun tak jarang cara tersebut belum berhasil dan membuat orang tua semakin bingung. Jika tangis si kecil tak kunjung reda, cobalah cara menenangkan bayi menangis dalam islam berikut ini.

 

Penyebab bayi menangis dan cara menenangkannya

 

Menangis merupakan cara bayi untuk mengungkapkan apa yang dirasakannya sekaligus mencari perhatian orang tuanya. Namun terkadang orang tua kesulitan memahami makna tangisan si kecil sehingga kurang tepat menanganinya. Ini bisa menjadi salah satu penyebab bayi tak kunjung diam. Penyebab bayi menangis adalah rasa lapar, kelelahan, teething (tumbuh gigi), atau merasa tidak nyaman dengan popoknya. Di bawah ini beberapa cara menenangkan bayi menangis dalam islam.

 

  1. Membacakan ayat suci Alquran

Kita bisa membacakan surah At-Takwiir ayat 20 untuk menenangkan bayi yang menangis. Ayat tersebut berbunyi:

 

ذِى قُوَّةٍ عِندَ ذِى ٱلْعَرْشِ مَكِينٍ

 

Dzii quwwatiin ‘inda dzil’arsyi makiin” (Yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai kedudukan Tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy”).

 

Kemudian tiup kedua telapak tangan dan usapkan pada wajah si kecil. Tiupkan pula pada telinganya. Jika perlu, ulangi beberapa kali dan lakukan dengan penuh keyakinan hingga ia merasa nyaman dan kembali tenang.

 

  1. Membacakan doa

Doa ini dikutip dari karya Muhyiddin Abu Zakaria Yahya bin Syaraf al-Nawawi al-Dimasyqi, Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalaami Sayyid al-Abrar.

Berikut ini lafal doanya:

 

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

 

“Bismillaahilladzii laa yadlurru ma’a ismihi syaiun fil ardli wa laa fis samaa`i wa huwas sami’ul ‘alim” (“Dengan menyebut asma Allah, Dzat yang dengan asma-Nya, tidak akan bisa membahayakan apapun yang ada di bumi dan langit. Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”).

 

Ulangi doa ini tiga kali dan tiupkan pada ubun-ubun si kecil.

 

  1. Memberikan pelukan dan menggendong

Penyebab si kecil menangis bisa jadi karena adanya gangguan jin atau setan. Berikan pelukan yang hangat dan gendong dia dengan perasaan yang ikhlas. Ucapkan kata-kata yang menenangkan selama menggendong. Cara ini juga dapat mempererat kontak batin antara orang tua dengan si kecil.

 

  1. Memperdengarkan murottal Alquran

Untuk menenangkan si kecil, kita bisa memutar murottal Alquran dalam kamarnya. Suara lantunan ayat-ayat suci dari Qori dapat membuat si kecil merasa nyaman sekaligus memberi ketenangan jiwa pada diri kita.