Uncategorized

Alasan Yang Menyebabkan Anak Menangis Saat Tengah Malam

Anak kecil memang sangat wajar jika sering menangis karena belum bisa berkomunikasi lewat bahasa yang biasa kita gunakan. Terlebih lagi anak berusia dibawah 3 tahun, mereka bahkan seringkali menangis pada malam hari. Kadang orang tua akan kebingungan menentukan alasan si kecil menangis pada saat malam hari. Penyebab anak menangis tengah malam memang sangat beragam, sehingga tidak mudah untuk menebaknya.

Anak-anak khususnya yang masih berusia balita memang akan sering terbangun pada malam hari disertai dengan tangisan histerisnya. Sebagai orang tua, anda tidak perlu menghadapinya dengan panik dan khawatir karena memang hal ini sudah wajar terjadi sejak dahulu. Usahakan untuk tidak panik dan ikut histeris agar si kecil tidak tambah menangis ya! Jika orang tua tenang, maka si kecil juga akan terbawa suasana dan lambat laun akan tenang. Kondisi seperti ini memang disebabkan oleh berbagai macam penyebab dimana antara satu anak kecil dengan yang lainnya pasti akan berbeda.

Beberapa Penyebab Anak Menangis Pada Tengah Malam

Anak-anak berusia balita memang akan sangat rewel karena tidak bisa menyampaikan maksud hatinya kepada orang tua. Menangis memang menjadi salah satu cara untuk menyampaikan bahwa si kecil sedang tidak merasa nyaman atau sedang membutuhkan sesuatu. Maka jangan kaget ketika anda sedang tertidur nyenyak lalu tiba-tiba buah hati anda menangis histeris ketika malam hari. Untuk bisa mengatasi kondisi ini, berikut ini beberapa penyebab anak menangis tengah malam yang wajib untuk anda ketahui :

  1. Night Terror

Night terror atau teroro malam merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada saat tertidur dan biasa dialami oleh anak-anak. Night terror bisa disebabkan oleh waktu tidur yang kurang berkualitas. Kondisi ini biasanya ditandai dengan tubuh berkeringat, berteriak, kondisi meronta-ronta, bergumam, berteriak, ataupun berusaha untuk berbicara sendiri.

  1. Mimpi Buruk

Mimpi buruk ternyata juga bisa dialami oleh anak-anak lho! Saat sedang bermimpi buruk, biasanya anak-anak akan langsung terbangun dari mimpinya karena merasa takut. Dalam kondisi ketakutan otomatis anak akan menangis dan membangunkan orang tuanya agar mendapatkan perlindungan.

  1. Kelelahan

Jika orang dewasa sedang kelelahan mungkin akan sangat mudah dan nyenyak tertidur. Namun berbeda dengan anak kecil. Ketika kelelahan anak-anak bukan mudah tertidur namun cenderung lebih rewel dan menyebabkan si kecil menangis.

Ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan si kecil menangis pada saat malam hari. Oleh karena itu pastikan anda selalu memberikan perhatian penuh kepada buah hati anda agar anda bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh si kecil.