Islam

Sudah Tahu Kisah Sahabat Nabi Yang Pekerja Keras Dan Dijadikan Teladan? Simak Disini!

Nabi Muhammad meman menjadi salah satu nabi yang dikelilingi oleh sahabat sahabat yang terbaik. Salah satunya adalah Abdurrahman bin Auf yang merupakan sahabat nabi dengan sifat dermawan sekaligus pekerja keras. Berikut ini akan diulas kisah sahabat nabi yang pekerja keras dan dijadikan teladan satu ini.

Mengenal Abdurrahman bin Auf

Abdurrahman bin Auf adalah salah satu sosok sahabat dari Rasulullah SAW. Dimana dapat dikatakan jika beliau merupakan salah satu sahabat yang paling kaya yang dimiliki oleh nabi. Selain itu, juga termasuk dalam delapan orang pertama yang memeluk agama Islam. Sehingga surge pun menjadi hal yang dijanjikan di akhirat.

Dikenal sebagai seorang pedagang yang sukses, tentunya tak luput dari kerja keras yang dimilikinya. Namun, kerja keras tersebut ternyata sebanding dengan hasil yang dicapainya. Sehingga dikenal sebagai sahabat Nabi yang  memiliki harta cukup melimpah pada zaman Rasulullah.

Dibalik sifat kerja kerasnya ketika berdagang, nyatanya hal tersebut membuat Abdurrahman bin Auf memiliki sifat yang tidak pelit. Ia pun dikenal sebagai sosok yang dermawan dan memiliki hobi bersedekah. Tidak mengherankan jika hartanya pun semakin banyak lantaran selalu memberikan dan bersedekah kepada orang yang membutuhkan.

Saking kayanya, bahkan ketika beliau meninggal, meninggalkan warisan yakni sebesar 100 ribu dirham kepada 4 orang istrinya. Selain itu, juga 100 ekor kuda, 100 ekor unta dan 3000 ekor kambing. Ditambah lagi dengan sejumlah uang yakni 3.2 juta dinar. Dengan warisan tersebut, maka Abdurrahman memang pantas disebut sebagai sosok yang kaya pada zaman nabi.

Bersahabat Dengan Sahabat Nabi yang Lain

Di masa hidupnya, sahabat nabi satu ini juga dekat dengan sahabat yang lain. Diantaranya adalah Abu Bakar Ash Shiddiq. Kemudian, dengan sahabat nabi yang lainnya juga mereka pun akhirnya menetapkan diri sebagai muslim tanpa adanya keraguan. Sejak saat itu, Abdurrahman pun menjadi salah satu sahabat nabi yang setia berada di sisi Rasulullah.

Bahkan beliau juga tergolong salah satu dari 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga nantinya. Untuk itu, semasa hidupnya, Abdurrahman bin Auf kerap kali terlihat bersama dengan Rasulullah. Mungkin jika tidak bersama dengan Nabi Muhammad, maka beliau akan berada di masjid untuk solat atau berjihad dalam perang. Selain itu, beliau akan berdagang.

Semasa Perang Uhud

Tidak hanya berdagang saja, ketika hidup beliau juga rela untuk mempertaruhkan nyawanya untuk berperang. Hal ini terbukti semasa perang Uhud, dimana beliau mendapatkan 20 luka yang terbilang parah. Sehingga, salah satu kakinya pun menjadi cacat permanen. Selain itu, dia juga kesulitan untuk berbicara lantaran giginya yang patah sewaktu Perang Uhud.

Kemudian, dalam sejarahnya sendiri, Abdurrahman bin Auf juga menjadi salah satu sosok yang sempat menolak menjadi khlifah sepeninggalannya Umar bin Khattab. Dimana pada masa itu, para sahabat sedang berunding untuk menentukan khalifah yang baru. Kisah dari Abdurrahman bin Auf ini memang sangat cocok sebagai kisah sahabat nabi yang pekerja keras dan dijadikan teladan.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang sahabat Rasulullah. Selain memiliki sifat yang dermawan, Abdurrahman bin Auf juga menjadi salah satu sosok yang bijaksana. Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mencari tahu lebih lanjut mengenai kisah dari sahabat nabi satu ini, maka anda pun bisa membaca berbagai sumber. Sungguh, kisahnya memang patut untuk dijadikan teladan bagi umat manusia.