Islam

Destinasi Wisata Religi Di Tuban Jawa Timur Yang Iconic

Semua yang pernah berkunjung ke Masjid Agung Tuban pasti mengakui keindahan dan kecantikan masjid ini. Pesona keindahannya mampu membuat setiap mata yang memandangnya menjadi takjub. Wajar saja jika menjadi salah satu destinasi wisata religi paling populer di Jawa Timur.

Masjid ini pun sering dikatakan sebagai bukti keberhasilan dakwah Sunan Bonang di Tuban. Banyak sekali pesona ada pada masjid kebanggaan masyarakat Tuban ini. Apalagi saat malam hari. Banyak yang merasa jika tengah berada di negeri dongeng.

Waktu paling untuk berkunjung ke masjid ini adalah saat malam hari. Pasalnya pesona keindahan yang dipancarkannya membuat Anda benar-benar serasa tengah berada di Negeri 1001 malam.

Rasanya kurang lengkap jika tidak mengulas sejarah berdirinya masjid. Pasalnya masjid ini bisa dikatakan sebagai bukti sejarah keberhasilan Sunan Bonang dalam menyebarkan agama Islam di Tuban.

Sejarah Berdirinya Masjid

Dilihat dari sejarahnya, masjid ini pertama kali dibangun pada tahun 1894. Pembangunan masjid dilakukan oleh Bupati Tuban ke 35, yaitu Raden Toemenggoeng Koesoemodiko. Pada saat itu sang Bupati memilih menggunakan jasa arsitek berkebangsaan Belanda bernama BOHM Toxopeus.

Setelah renovasi pertama yang dilakukan oleh Raden Toemenggoeng Koesoemodiko, Renovasi masjid tahap kedua dilakukan pada tahun 1985. Pada renovasi tahap kedua ini bangunan masjid mengalami perluasan.

Kemudian tepatnya pada tahun 2004, masjid ini di renovasi kembali. Renovasi tersebut dilakukan oleh Pemkab Tuban. Nah, pada renovasi tahap tiga inilah masjid ini mengalami banyak sekali perubahan. Renovasi tersebut dikatakan menelan biaya hingga Rp 17,5 miliar.

Wajar saja jika kini bangunan masjid menjadi sangat indah dan megah. Salah satu hal paling sederhana bisa dilihat dari jam digital masjid yang ada di masjid ini. Itu pun baru bentuk jamnya saja, belum lainnya. Tidak mengherankan jika masjid ini dikenal sebagai salah satu masjid terindah dan termegah yang ada di Jawa Timur.

Gaya Arsitektur Masjid

Jika dilihat dari bentuknya, masjid kebanggaan masyarakat Tuban ini memiliki ciri khas tersendiri. Gaya arsitekturnya pun tidak terpengaruh dengan umumnya bentuk masjid yang ada di Jawa. Yakni memiliki atap bersusun tiga.

Gaya arsitektur masjid ini justru terpengaruh oleh gaya arsitektur Timur Tengah, India, dan Eropa. Jika Anda perhatikan secara lebih teliti lagi, sekilas masjid ini ada kemiripan dengan salah satu masjid yang cukup populer di Aceh.

Coba saja lihat gambar Masjid Raya Baiturrohim yang ada di Banda Aceh. Nanti Anda akan sadar ternyata kedua masjid ini sekilas sangat mirip. Utamanya jika dilihat dari bentuk berandanya.

Destinasi Wisata Populer Lain di Tuban

Selain wisata religi Tuban, ada cukup banyak opsi wisata menarik lain yang bisa dilakukan. Misalnya saja berkunjung ke beberapa destinasi wisata paling populer di Tuban ini.

  1. Goa Putri Asih

Untuk Anda yang kebetulan berada di Tuban, coba kunjungi salah satu destinasi wisata paling hits di Tuban ini. Namanya adalah Goa Putri Asih. Lokasinya sendiri berada di Kec. Montong Kab. Tuban. Stalaktit dan stalaktit pada gua dijamin mampu memberikan nuansa keindahan alam yang tiada duanya.

  1. Pantai Boom

Berada di lokasi yang sangat strategis, yakni berada tidak jauh dari alun-alun Tuban membuatnya menjadi satu diantara destinasi wisata Tuban yang tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi pantai ini dikenal mampu menyajikan panorama keindahan alam pantai yang tiada duanya. Apalagi secara fasilitas, bisa dikatakan sangat lengkap.

  1. Danau Njowo

Kurang lengkap rasanya jika ke Tuban tidak mampir ke Danau Njowo. Destinasi wisata populer Tuban ini oleh para wisatawan sering disebut dengan green lake-nya Kota Tuban. Danau ini sendiri sebenarnya merupakan bekas dari galian tambang batu kapur.

  1. Pantai Remen

Suasana alami pada Pantai Remen ini selalu berhasil membuat para pengunjungnya betah berlama-lama. Salah satu kelebihan dari pantai berpasir putih ini adalah garis pantainya cukup panjang.

  1. Goa Akbar

Goa yang ada di tengah Kota Tuban ini sangat layak untuk Anda kunjungi. Apalagi goa ini sangat kental akan nilai sejarah di dalamnya. Menurut penuturan masyarakat sekitar, Goa Akbar ini dulunya sering dijadikan sebagai tempat pertemuan para wali.

Tuban memang dikenal memiliki sejuta tempat yang cocok untuk dikunjungi pada saat liburan. Di sisi lain, Tuban pun dikenal memiliki banyak sekali tempat-tempat untuk wisata religius. Salah satunya adalah Masjid Agung Tuban.