Pengetahuan

3 Ciri Fisik Awal Kehamilan Yang Jarang Diketahui Oleh Para Wanita

 

Tanda awal seorang wanita tengah mengandung dapat ditandai dengan telat menstruasi. Akan tetapi, anda juga bisa mendeteksinya dari segi fisik karena perubahan yang terjadi tampak jelas. Oleh sebab itu, para wanita perlu tahu ciri fisik awal kehamilan yang sering kali diabaikan karena kurangnya edukasi terkait hal tersebut. Yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Tanda Awal Seorang Wanita Hamil

  1. Kram Perut Bagian Bawah

Seorang wanita sering mengalami kram perut bagian bawah, terutama saat PMS atau pra menstrual syndrome. Oleh sebab itu, tanda fisik satu ini sering kali diabaikan karena rasa yang timbul mirip seperti saat PMS. Biasanya kram dapat dirasakan sekitar 10 sampai 14 hari saat masa subur, sehingga bertepatan dengan jadwal anda haid.

Tak heran, tanda satu ini sering kali dianggap sebagai kram perut sebagai gejala awal akan mengalami menstruasi. Anda bisa mendeteksinya karena biasanya diiringi dengan keluarnya bercak darah atau populer disebut flek. Darah yang keluar berwarna lebih gelap atau agak kecokelatan, sehingga bisa ditandai sebagai awal masa kehamilan anda.

  1. Payudara Lebih Sensitif

Tanda yang ditunjukkan oleh fisik satu ini cukup menonjol, meskipun saat datang bulan juga sering kali terasa lebih sensitif. Akan tetapi, anda dapat merasakan perbedaannya karena payudara terasa lebih penuh atau geli dan nyeri saat disentuh. Hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan hormone yang diproduksi oleh tubuh seorang wanita.

Selain terasa lebih penuh, ukuran payudara anda tampak lebih besar daripada sebelum masa kehamilan. Area di sekitar puting yang kerap disebut areola akan berubah jadi lebih gelap, sehingga secara visual pun sudah berbeda. Ciri lainnya ditunjukkan oleh ukuran dari payudara anda yang lebih besar agar siap untuk memproduksi ASI dan menyusui.

  1. Kulit dan Rambut

Tanda yang ditunjukkan oleh bagian tubuh satu ini cukup bervariasi, sehingga tidak bisa disamakan untuk setiap individu. Ada beberapa ibu yang mengalami masalah terkait pertumbuhan rambut dan kulit. Salah satunya timbul jerawat, wajah tampak kusam, dan kulit yang terasa gatal serta sensitif saat terpapar matahari atau memakai produk tertentu.

Ciri fisik awal kehamilan yang lain juga dialami oleh ibu hamil, seperti rambut yang lebih tebal daripada sebelumnya karena pertumbuhannya bagus. Selain itu, kulit juga jadi lebih mulus, cerah, dan lembut karena hormone yang meningkat. Anda akan tampak lebih glowing dan bersinar, sehingga perasaan pun membaik dan terhindar dari stress.

Kehamilan di trimester pertama sering kali susah dideteksi, karena perubahan fisik ini mirip dengan gejala saat wanita PMS. Salah satunya perut kram dan payudara yang sensitif, tetapi anda bisa menandainya bila kram perut bersamaan dengan flek. Dengan begitu, para ibu bisa lebih berhati hati saat beraktivitas agar tidak terjadi masalah pada kandungannya.