Kesehatan, Pengetahuan

Cara Makan Sebelum Olahraga Yang Benar

Nutrisi dan olahraga merupakan dua hal penting yang berkaitan. Makan sebelum olahraga pun baik dilakukan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kita pada saat memutuskan makan sebelum olahraga. Diantara faktor tersebut adalah waktu,kondisi tubuh, jenis olahraga yang dilakukan dan lain-lain.

Lalu bagaimana idealnya cara  makan yang baik sebelum kita berolahraga, berikut ini adalah jawaban yang kami kutip dari web pecintaolahraga.com :

Perhatikan jarak waktu makan dengan kegiatan olahraga

Apabila kita ingin makan sebelum berolahraga maka sebaiknya pilihlah jenis makanan yang mengandung tinggi karbohidrat, tinggi protein serta rendah lemak. Dan waktunya juga harus diperhatikan yaitu 2-3 jam sebelum kita melakukan olahraga.

Dan ketika kita ingin melakukan olahraga seperti yoga, gym, ataupun  jogging maka makanan yang mengandung karbohidrat bisa memberikan suplai oksigen bagi tubuh.

Bukan hanya itu, kita juga harus memperhatikan waktu ketika bangun tidur dan waktu akan mulai berolahraga. Kebanyakan ketika berolahraga di pagi hari, kita tidak akan mempunyai banyak waktu untuk mencerna makanan.

Tujuan kita melakukan olahraga

Kenali tujuan ketika kita akan melakukan olahraga. Apakah hanya sekedar hobi atau untuk menurunkan berat badan. Jika tujuan kita berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan maka kita harus makan makanan yang mengandung karbohidrat Komplek seperti biji-bijian atau gandum utuh yang bisa memenuhi nutrisi sekaligus serat.

Dan sebaiknya kita menghindari makan makanan yang mengandung karbohidrat sederhana misalnya roti, cookies, serta minuman yang mengandung soda.

Perhatikan durasi olahraga

Dalam berolahraga tidak ada hubungannya antara makan sebelum berolahraga dengan banyaknya kalori yang terbakar apabila kita berolahraga kurang dari 30 menit.

Alasannya karena tubuh kita bisa menyimpan sebanyak 2000 kalori ditambah dengan yang ada di lemak. Hal ini akan membuat kita bisa melakukan olahraga tanpa makan sebelumnya selama beberapa jam.

Mengembalikan fungsi tubuh setelah berolahraga

Terlepas dari melakukan makan sebelum berolahraga maupun sesudah berolahraga maka kita memerlukan asupan nutrisi untuk mengembalikan fungsi tubuh agar tetap bugar.

Pada salah satu penelitian yang dilakukan di Belgia mengungkapkan tentang pengaruh ketika makan sebelum berolahraga dan tidak makan sebelum melakukan aktivitas olahraga.

Penelitian itu dilakukan kepada  27 orang pria dengan memberikan makanan karbohidrat selama 6 minggu berturut-turut.

Kemudian kelompok tersebut terbagi lagi menjadi 3 kelompok kecil. Yaitu kelompok yang tidak melakukan olahraga sama sekali, kelompok yang makan mengandung karbohidrat sebelum melakukan olahraga dan satu lagi kelompok orang yang makan setelah melakukan aktifitas olahraga.

Sudah dapat kita duga bahwa kelompok orang yang tidak melakukan olahraga sama sekali akan mengalami peningkatan berat badan paling tinggi. Dan kelompok orang yang makan sebelum melakukan olahraga akan mengalami peningkatan berat badan paling sedikit, bahkan ada juga yang tidak mengalami peningkatan berat badan sama sekali.

Pada prinsipnya adalah tubuh memerlukan makanan untuk diolah menjadi energi. Energi inilah yang dapat kita gunakan untuk beraktivitas seperti olahraga. Namun pengolahan makanan ini memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Apa Yang Terjadi Jika Tidak Makan Sebelum Berolahraga?

Lalu apa yang terjadi jika kita tidak makan sebelum melakukan aktivitas berolahraga? Sebelum kita menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak bersama penjelasan berikut.

 

Pada saat tubuh kekurangan gula darah maka hipotalamus akan mengirimkan perintah. Perintah tersebut isinya yaitu untuk memecah simpanan glukosa menjadi bentuk glikogen yang ada didalam hati dan otot.

Oleh karena itu glucogen yang ada di hati mempunyai peranan penting dalam mensuplai energi pada jaringan dan organ-organ penting lain yang membutuhkan. Dan untuk glikogen yang berada di otot hanya bisa digunakan untuk jaringan yang ada disekitarnya.

 

Pada saat tubuh kekurangan energi, maka kadar glukosa darah akan menurun. Untuk menjaga agar kadar glukosa darah tetap normal maka didalam tubuh kita akan terjadi proses glikogenolisis. Proses glikogenolisis yaitu proses pemecahan glikogen menjadi glukosa. Untuk simpanan glikogen yang dipecah pertama kali yaitu glikogen yang terdapat pada hati.

 

Glikogen yang sudah dipecah tersebut lalu akan masuk kedalam darah untuk dialirkan menuju ke otot. Di otot akan terjadi proses glikolisis. Proses glikolisis sendiri yaitu pembentukan energi yang berasal dari glukosa.

 

Glukosa tersebut kemudian akan diubah menjadi asam piruvat dan kemudian menjadi asam laktat. Asam laktat tersebut akan masuk kedalam hati lagi yang disebut dengan siklus cori.

 

Pola makan yang baik sebelum kita melakukan aktivitas olahraga yaitu dilakukan 2-3 jam sebelum berolahraga. Jarak waktu yang panjang tersebut akan memungkinkan makanan lebih terserap secara maksimal oleh tubuh. Namun apabila kita hanya mempunyai waktu yang pendek sekitar 30 menit sebelum melakukan olahraga, maka kita bisa mengonsumsi buah-buahan. Contoh dari buah-buahan tersebut yaitu apel, pisang dan pepaya.

 

Sebaiknya jangan makan makanan yang tinggi lemak sebelum berolahraga. Hal ini dikarenakan bisa membebani sistem pencernaan sehingga akan diserap lebih lama. Dan mengakibatkan performa menjadi menurun.

 

Oleh karena itu makan sebelum berolahraga merupakan sesuatu yang penting. Hal ini dikarenakan makanan menjadi sumber energi yang utama dalam kita melakukan olahraga. Apabila  hal itu tidak terpenuhi, maka bisa saja performa kita dalam berolahraga akan menjadi menurun.